Sukses

Siap-Siap, Ikut Amati Hilal Jelang Iduladha dari Observatorium Bosscha via Youtube

Pengamatan hilal lembaga yang berada di bawah naungan Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut hanya dilakukan untuk internal.

Liputan6.com, Bandung - Observatorium Bosscha akan melakukan pengamatan hilal bulan sabit yang menjadi penanda beralihnya bulan Zulkaidah ke bulan Zulhijah 1441 H atau Iduladha. Pengamatan hilal lembaga yang berada di bawah naungan Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut hanya dilakukan untuk internal.

Melalui pernyataan tertulisnya, peneliti Observatorium Bosscha Agus Triono mengungkapkan, pengamatan hilal akan dilaksanakan di Observatorium Bosscha yang berada di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

"Tim akan melakukan pengamatan pada 20-21 Juli 2020 dari pagi hari hingga bulan terbenam di ufuk Barat," ujar Agus, Jumat (17/7/2020).

Meski demikian, kegiatan ini merupakan pengamatan internal yang hanya dihadiri oleh staf Observatorium Bosscha. Hal itu dilakukan untuk mematuhi imbauan agar tidak berkegiatan yang melibatkan banyak orang di suatu tempat.

"Masyarakat yang berminat dapat menyaksikan pengamatan hilal ini secara daring melalui live streaming pada kanal Youtube resmi Observatorium Bosscha pada tanggal 21 Juli 2020 mulai pukul 15.30 WIB," kata Agus.

Ia menjelaskan, kegiatan pengamatan bulan sabit oleh Observatorium Bosscha ditujukan untuk meneliti ambang visibilitas atau kenampakan bulan sebagai fungsi dari elongasi dan ketebalan sabit bulan, dan juga dalam rangka rukyatul hilal bulan Zulhijah 1441 Hijriah.

Pada pengamatan hilal kali ini tim dari Observatorium Bosscha akan menggunakan dua buah teleskop berukuran 106 milimeter dan 66 milimeter berjenis refraktor yang masing-masing dilengkapi detektor kamera berbasis CCD.

"Citra yang ditangkap oleh kamera kemudian diproses menggunakan perangkat pengolahan citra untuk meningkatkan tampilan sabit bulan," tutur Agus.

"Rukyatul hilal dilakukan pada sore hari dan deteksi sabit bulan dilakukan setelah matahari terbenam. Sabit yang tampak setelah Matahari terbenam ini disebut sebagai hilal," kata dia menambahkan.

Adapun kegiatan pendidikan ekstra kali ini diselenggarakan bersama University of Malaya berupa petunjuk teknis untuk komunitas pengamat hilal di Malaysia.

Sebagai institusi pendidikan dan penelitian di bidang astronomi, Observatorium Bosscha ITB melaksanakan pengamatan bulan sabit muda pada hampir setiap bulan. Observatorium Bosscha setiap tahunnya menjadi salah satu rujukan untuk penetapan Iduladha bagi Kementerian Agama dan masyarakat umum.

Adapun pihak yang berwenang menentukan awal Zulhijah adalah pemerintah pusat melalui proses sidang isbat. Tugas Observatorium Bosscha adalah menyampaikan hasil perhitungan, pengamatan, dan penelitian tentang hilal kepada unit pemerintah yang berwenang jika diperlukan sebagai masukan untuk sidang isbat.

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.