Hadiri Pengumuman Rekomendasi, Gibran Bakal Kenakan Seragam Kebesaran PDIP

pada 17 Jul 2020, 04:30 WIB
Diperbarui 17 Jul 2020, 04:30 WIB
Gibran Temui Politisi Senior PDIP Solo
Perbesar
Bakal calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka usai menggelar pertemuan dengan para sesepuh PDIP Solo, Kamis (19/12).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Solo - Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, mengakui sudah menerima surat undangan pengumuman rekomendasi dari DPP PDIP untuk Pilkada Solo 2020, Jumat (17/7/2020).

Undangan itu diterima Gibran pada Kamis (16/7/2200). Rencananya Gibran akan berangkat ke Panti Marhaen DPD PDIP Jateng dan berharap bisa bareng dengan struktur DPC PDIP Solo.

“Ini masih menunggu petunjuk dari Pak Rudy dan Pak Teguh terkait teknis keberangkatan besok [Jumat, 17/7/2020] ke Semarang. Kalau saya sih inginnya bisa berangkat bareng beliau-beliau. Tapi ini masih menunggu petunjuk,” ujar Gibran kepada Solopos.com, Kamis.

Dia mengaku akan mengenakan seragam PDIP dengan warna khas merah dan celana warna hitam. Hal itu sesuai arahan yang tertera di undangan yang dia terima. “Untuk atasan pakai seragam merah dan celananya warna hitam,” sambung dia.

Kendati sudah menerima undangan tersebut Gibran tidak mau mendahului pengumuman DPP PDIP. Menurut dia, secara resmi siapa yang mendapat rekomendasi cawali-cawawali Solo baru akan diumumkan dan diberi rekomendasi pada Jumat (17/7/2020) siang.

“Kan baru besok diumumkan. Kita tunggu saja. Mohon doa masyarakat Solo agar semua berjalan lancar,” imbuh Gibran.

 

2 dari 5 halaman

Bagaimana Achmad Purnomo?

Purnomo Mundur Bakal Calon Wali kota Solo
Perbesar
Achmad Purnomo yang juga Wakil Wali Kota Solo memutuskan mundur dari bakal calon Wali Kota Solo yang diusung DPC PDIP Solo.(Li[putan6.com/Fajar Abrori)

Seperti diberitakan Solopos.com, terkait undangan untuk datang dalam pengumuman rekomendasi di Semarang, Gibran mengaku belum memberi tahu ayahandanya, Presiden Joko Widodo.

Hingga Kamis sore baru istri Gibran, Selvi Ananda, yang sudah mengetahui adanya undangan tersebut. “Bapak sama ibu belum saya kabari. Paling nanti malam saya kabari. Kalau istri mendoakan agar semua berjalan dengan lancar, baik,” terang dia.

Disinggung apakah Selvi akan mendampinginya ke Semarang, Gibran menjawab tidak. Menurut dia, Selvi lebih dibutuhkan di rumah untuk menemani dua anak mereka yakni Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

Seperti diberitakan, selain Gibran, Teguh Prakoso juga menerima undangan yang sama. Sedangkan Achmad Purnomo tidak mendapat undangan.

Achmad Purnomo adalah cawali yang diusulkan lewat penjaringan oleh DPC PDIP Solo berdampingan dengan Teguh Prakosa sebagai cawawali di Pilkada Solo 2020. Dalam perjalanannya, banyak calon yang mendaftar lewat DPD maupun DPP PDIP, termasuk Gibran Rakabuming Raka.

Saat fit and proper test di DPP PDIP hanya tiga orang itu diundang untuk mengikuti tes di Jakarta beberapa waktu lalu.

 

3 dari 5 halaman

Keyakinan Banteng Solo Bergerak

Gibran Rakabuming Menanti Rekomendasi
Perbesar
Gibran Rakabuming Raka menyerahkan potongan nasi tumpeng kepada warga saat blusukan di Ngemplang, Jebres, Solo, Rabu (19/2).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Komunitas Banteng Solo Bergerak PDIP Solo siap mengamankan rekomendasi cawali-cawawali Solo pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Mereka meyakini bisa mengamankan minimal 60 persen suara dari seluruh potensi suara yang ada. Jumlah itu diklaim masih sangat berpotensi bertambah seiring pergerakan pemenangan pasangan calon yang diusung PDIP.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Banteng Solo Bergerak, Ariyanto Rinto Suryono, saat jumpa pers di Warung Makan Nogiren Mbak Yun Mangkubumen, Kamis (16/9/2020) malam.

Acara itu diisi deklarasi pendukungan dan kesiapan Banteng Solo Bergerak mengamankan rekomendasi cawali-cawawali dari PDIP di Pilkada Solo.

Banteng Solo Bergerak merupakan komunitas kader struktural PDIP Solo mulai dari anak ranting, ranting hingga pimpinan anak cabang (PAC). Mereka berasal dari lima wilayah kecamatan di Solo.

Menurut Ariyanto Banteng Solo Bergerak meyakini rekomendasi cawali Solo akan diberikan DPP PDIP kepada Gibran Rakabuming Raka.

"Kalau Mas Gibran mendapat rekomendasi kami yakin 60 persen suara sudah kami dapatkan," ujar dia.

4 dari 5 halaman

Penggalangan Dukungan Jelang 9 Desember

Menurut Ariyanto, dukungan untuk Gibran Rakabuming akan berasal dari kampung-kampung di seluruh wilayah Solo.

Namun berapa angka pasti suara yang bisa digalang Banteng Solo Bergerak di Pilkada nanti, Ariyanto belum bisa menyebutkan.

Penggalangan dukungan masih terus berjalan di lapangan. Selain itu perjalanan waktu menuju hari pemungutan suara 9 Desember 2020 masih panjang.

"Kalau di tingkat RT kami rasa suara bisa kami amankan, jumlah tidak bisa kami sebut tapi yang jelas kami siap memenangkan mas Gibran," tandas Ariyanto.

Seperti diberitakan, DPP PDIP akan mengumumkan rekomendasi calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada Solo secara daring pada Jumat (17/7/2020).

Dua calon yang mendapat undangan untuk menghadiri pengumuman di Panti Marhaen, Semarang, adalah Gibran dan Teguh Prakosa.

Dapatkan berita menarik Solopos.com lainnya, di sini:

5 dari 5 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓