Sukses

Motif Pria Masamba Ancam Ledakkan Bom di Gerai McDonald's Makassar

Liputan6.com, Makassara - Hingga kini polisi masih memeriksa MH (35), pria asal Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan yang mengancam akan meledakkan bom di gerai makanan cepat saji McDonald's atau McD yang berada di Jalan AP Pettarani, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar pada Senin, 13 Juli 2020 malam.

Dari hasil pemeriksaan polisi, MH mengakui dirinya memang mengancam akan meledakkan bom di McD Pettarani. MH tak bisa mengelak lantaran apa yang dilakukannya itu terekam di CCTV.

"Jadi pelaku mengatakan bahwa Corona adalah perbuatan Italia dan ini  adalah milik Italia dan akan dibom," kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Ibrahim Tompo, Selasa (14/7/2020) malam.

MH sendiri kini masih menjalani pemeriksaan di Polda Sulsel. Ibrahim menyebutkan dugaan sementara motif MH mengancam akan meledakkan bom di gerai McD Pettarani lantaran ia tidak senang dengan produk luar negeri.

"Di duga motif pelaku karena yang bersangkutan membenci produk-produk luar negeri," sebut Ibrahim.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Penangkapan

Polisi berhasil mengamankan pria yang meneror gerai makanan cepat saji McDonald's atau Mcd yang berada di Jalan AP Pettarani, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pria tersebut sebelumnya terekam CCTV masuk ke dalam restoran cepat saji itu dan mengancam akan meledakkan bom pada Senin, 13 Juli 2020 malam.

"Iya sudah pelakunya sudah diamankan tadi di jalan Urip Sumoharjo oleh Resmob Polsek Panakkukang," kata Kasubag Humas Polrestabes Makassar, Kompol Edhy Supriyadi kepada Liputan6.com, Selasa (14/7/2020) petang.

Dari hasil interogasi sementara, pria tersebut diketahui berinisal MH. Pria berusia 35 tahun itu berasal dari Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

"Langsung dibawa ke Polsek Panakkukang setelah diamankan," sebut Edhy.

Edhy menambahkan bahwa kasus ini telah dilimpahkan penanganannya dari Polsek Panakkukang ke Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Makassar. Hingga kini MH masih menjalani pemeriksaan intensif untuk mengungkap motif pelaku mengancam akan meledakkan bom di McD Pettarani.

"Masih dalam pengembangan, kita masih selidiki motifnya," Edhy memungkasi.

Berdasarkan rekaman CCTV yang diterima Liputan6.com, pria tersebut mengenakan kemeja kotak-kotak berwarna biru saat masuk ke dalam gerai McD Pettarani. Ia masuk ke dalam restoran dan langsung menuju ke meja pemesanan dan berbicara kepada salah satu karyawan McD Pettarani.

Terlihat pria itu langsung marah-marah sambil menunjuk-nunjuk ke arah karyawan McD Pettarani. Belakangan diketahui pria itu ternyata mengancam akan meledakkan bom di McD Pettarani. Tak ayal kejadian itu sempat membuat panik dan menghebohkan karyawan maupun pengunjun yang berada di McD Pettarani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.