Sukses

Curhatan Wali Kota Soal Penanganan Covid-19 Saat HUT Manado

Momentum ulang tahun kali ini sangat berbeda, karena Kota Manado dihadapkan dengan pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Manado - Peringatan ulang tahun ke-397 Kota Manado, Selasa (14/7/2020), dilakukan secara virtual. Pandemi Covid-19 mengubah tradisi perayaan yang biasanya berlangsung semarak.

"Momentum ulang tahun kali ini sangat berbeda, karena Kota Manado dihadapkan dengan pandemi Covid-19," ujar Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut dalam sambutannya.

Pandemi yang sudah berlangsung selama 4 bulan ini berdampak pada berbagai sektor seperti ekonomi, tenaga kerja, pendidikan, juga yang lainnya.

"Peningkatan angka pengangguran, turunnya daya beli masyarakat serta menurunnya pertumbuhan ekonomi sangat dirasakan masyarakat," paparnya.

Lumentut mengatakan, situasi ini tentulah harus direspon cepat, cermat, dan akurat serta secara bijaksana dengan memperhatikan segala sisi secara komprehensif meminimalisasi dampak negatif Covid-19.

"Pemerintah hadir dengan menyiapkan anggaran sebesar Rp96,98 miliar untuk mengatasi pandemi, sekaligus penanganan dampak yang ditimbulkan," paparnya.   

Alokasi dana sebesar itu digunakan untuk penanganan kesehatan Rp32,18 miliar, mengatasi dampak ekonomi Rp7,66 miliar, dan jaringan pengaman sosial sebesar Rp57,15 miliar.

"Sinergitas dan solidaritas kita di momentum ulang tahun Kota Manado ini menjadi kekuatan bersama mengatasi pandemi Covid-19,” ujarnya.

 

 

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.