Sukses

Pengadaan APD Pilkada Bengkulu Capai Belasan Miliar Rupiah

KPU dan Bawaslu Bengkulu menyiapkan anggaran pengadaan Alat Pelindung Diri untuk Pilkada senilai belasan miliar rupiah.

Liputan6.com, Bengkulu - Anggaran pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk pelaksanaan pemilihan kepada daerah (pilkada) serentak yang digelar 9 Desember 2020 mendatang di Provinsi Bengkulu mencapai belasan miliar rupiah. Rinciannya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu menganggarkan Rp12 miliar dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu Rp1,5 miliar.

Anggaran ini belum termasuk anggaran KPU dan Bawaslu di delapan kabupaten di Bengkulu yang juga menyelenggarakan pilkada. Provinsi Bengkulu sendiri mengadakan pilkada untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur dan juga pemilihan bupati dan wakil bupati di delapan kabupaten pada Pilkada serentak 2020.

Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu Parsadaan Harahap mengatakan uang Rp1,5 miliar yang dianggarkan Bawaslu Provinsi Bengkulu itu hanya untuk pengadaan APD Pilkada bagi anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu dan Bawaslu di Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu.

Mengingat dua daerah itu tidak menyelenggarakan pilkada dan hanya membantu penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Sedangkan anggaran pengadaan APD untuk Bawaslu di delapan kabupaten lainnya dibebankan dengan anggaran Bawaslu di masing-masing kabupaten.

"Delapan kabupaten itu juga melakukan optimalisasi anggaran, nilainya beragam ada yang Rp200 juta hingga Rp400 juta untuk pengadaan APD pilkada," ujar Parsadaan saat dihubungi, Jumat 10 Juli 2020.

Menurutnya, mengingat kebutuhan APD ini sangat mendesak karena tahapan pilkada telah dimulai, pihaknya terpaksa melakukan pengadaan APD menggunakan anggaran milik Bawaslu sendiri yang bersumber dari dana Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) baik itu Bawaslu provinsi maupun Bawaslu kabupaten.

"Bawaslu Provinsi Bengkulu sendiri mendapatkan anggaran Rp50,5 miliar untuk pengawasan pilkada dalam NPHD APBD Provinsi Bengkulu 2020. pihaknya tidak bergantung pada APBN, kita optimalisasi anggaran yang ada karena kita lihat APBN juga tidak jelas, masih proses di DPR RI dan Kementerian Keuangan sementara kebutuhan kita mendesak," dia menjelaskan 

Saat ini, baru empat kabupaten di Bengkulu yang telah melakukan pengadaan APD yaitu Bawaslu di Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lebong, Kabupaten Kepahiang, dan Kabupaten Bengkulu Selatan.

Hal itu lantaran hanya empat kabupaten tersebut yang memiliki calon bupati dan wakil bupati melalui jalur perseorangan yang tahapannya telah dimulai sejak 25 Juni lalu.

"Sedang proses pengadaan dalam rangka pengawasan pemutakhiran data pemilih pada 15 Juli mendatang," paparnya.

Jenis APD yang dibeli, sesuai dengan standar protokol kesehatan yang ditetapkan tim gugus tugas COVID-19 nasional seperti masker, sarung tangan, pelindung wajah, cairan antiseptik, dan vitamin.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan, pihaknya telah menghitung kebutuhan APD untuk penyelenggaraan pilkada di Bengkulu dengan anggaran Rp12 miliar. Anggaran untuk pengadaan APD itu nantinya bersumber dari anggaran NPHD APBD Provinsi Bengkulu dan dari APBN.KPU Provinsi Bengkulu sendiri mendapatkan anggaran Rp110 miliar dalam NPHD penyelenggaraan Pilkada serentak 2020.

"Anggaran APBN akan ditransfer oleh KPU RI ke KPU provinsi dan KPU kabupaten dan kota, total kebutuhan untuk penerapan protokol COVID- 1919 KPU Provinsi Bengkulu sekitar Rp12 miliar," kara Irwan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengakui pihaknya telah memberikan banyak masukan kepada penyelenggara pilkada baik itu KPU dan Bawaslu terkait protokol kesehatan dalam penyelenggaraan pilkada di tengah masa pandemi COVID-19.

Salah satu masukan itu yakni mewajibkan seluruh penyelenggara pilkada menggunakan APD sesuai protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 dalam setiap kegiatan.

"Contohnya saat verifikasi pada calon independen, petugas harus menggunakan APD minimal memakai masker, pelindung wajah dan sarung tangan dan menjaga jarak," ujar Herwan.

Pihaknya juga mengimbau KPU dan Bawaslu untuk sementara meniadakan kegiatan yang melibatkan orang banyak sehingga menyebabkan kerumunan massa. Gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu sedang mempertimbangkan membolehkan kegiatan yang melibatkan orang banyak di lima kabupaten yang sudah zona hijau seperti Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Lebong, Kabupaten Kaur dan Kabupaten Bengkulu Selatan.

"Tetapi tetap ada rambu-rambu yang harus dipatuhi dan mengikuti kebijakan yang sudah ditetapkan tim gugus tugas di kabupaten itu dan tetap menerapkan protokol kesehatan," Herwan Antoni memungkasi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.