Sukses

Upaya Pencarian Nelayan Hilang di Perairan Bunaken Manado

Warga menemukan perahu yang digunakan David di Pulau Manado Tua. Hanya saja, nelayan itu tidak berada di dalam perahunya.

Liputan6.com, Manado Seorang nelayan bernama David Wiliam, warga Kelurahan Alun Banua, Kecamatan Bunaken, Manado, dilaporkan hilang sejak, Selasa (7/9/2020). Basarnas Manado yang menerima informasi itu bergerak mencari David.  

Informasi yang dihimpun menyebutkan, David turun ke laut untuk mencari ikan seperti biasanya. Namun, kemudian warga menemukan perahu yang digunakan David di Pulau Manado Tua. Hanya saja, nelayan itu tidak berada di dalam perahunya.

Basarnas Manado yang menerima laporan warga pada Rabu malam (8/7/2020), langsung mempersiapkan tim untuk mencari korban. Sehari berikutnya, Kepala Kantor Basarnas Manado Suhri Sinaga memerintahkan 1 tim untuk bergerak mencari korban.

Sinaga mengungkapkan, tim langsung menuju ke lokasi dan berkoordinasi dengan keluarga korban, dan pemerintah setempat untuk meminta data data korban.

"Tim SAR Babungan Basarnas, Polisi, BPBD dan masyarakat bergerak bersama menyisir perairan sekitar Bunaken," ujarnya.

Akhirnya, tim gabungan berhasil menemukan David dalam keadaan meninggal dunia, tidak jauh dari lokasi mencari ikan. Korban langsung dievakuasi dan dibawa ke Puskesmas Bunaken, Manado, untuk ditindaklanjuti sesuai protokol kesehatan dan diserahkan ke keluarganya.

"Basarnas Manado bersama tim gabungan berhasil menemukan korban, selanjutnya mengikuti protokol Covid-19 dalam penanganan korban," ujar Sinaga.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.