Kalung Anticorona, Terawan : Kalau itu Membuat 'Mentality' Percaya, Maka Imun Naik

Oleh Abdul Karim pada 06 Jul 2020, 12:38 WIB
Diperbarui 06 Jul 2020, 18:36 WIB
Doni Monardo
Perbesar
Ketua Gugus Tugas Nasional Doni Monardo bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menkes Terawan Agus Putranto meninjau Hotel Grand Surabaya yang akan digunakan tempat relaksasi tenaga medis COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (5/7/2020). (Dok BNPB)

Liputan6.com, Maluku - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto,secara detil belum mempelajari khasiat di dalam kalung anti corona yang dipromosikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Tapi jika kalung itu dipercaya, maka dapat meningkatkan imun tubuh seseorang dan itu akan sangat berguna di situasi pandemi sekarang.

"Mengenai kalung dan sebagainya, saya tidak terlalu mempelajarinya. Tapi yang terpenting adalah kalau itu (kalung) membuat secara sikologis mentality itu percaya maka imunnya naik," ujar Terawan kepada wartawan di Ambon, Senin 6 Juli 2020.

Terawan mengatakan, dalam kondisi pademi sekarang, mental seseorang harus baik supaya imunnya naik, rasa kecemasan justeru akan melemahkan imun tubuh, meski yang bersangkutan selalu menjaga pola makan dan makan bergizi.

"Rasa khawatir banyak, maka imun turun, sehingga sangat penting imunitas yang tinggi,menghadapi situasi covid-19 ini kan bukan sekedar badan sehat saja," urainya.

Disamping menjaga imunitas tubuh, istrihat yang cukup, selalu makan bergizi, makan makanan empat sehat lima sempurna, terpenting lagi selalu menerapkan protokol kesehatan sebagaimana himbauan pemerintah dalam aktivitas keseharian.

"Pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, saya kira semua akan baik saja," kata Terawan.

Dua Menteri dan Kepala BNPB Kunker di Ambon

Muhajir Effendy
Perbesar
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, saat memberikan ketarangan pers di kantor Gubernur Maluku, Senin 6 Juli 2020

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo melakukan kunjungan kerja di Kota Ambon. Senin 6 Juli 2020.

Ikut dalam rombongan, Wakil Ketua Komisi VIII dan Wakil Ketua Komisi IX, serta Panglima Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban (PangKopkamtib) wilayah III.

"Tujuan ke sini adalah untuk mendapatkan fakta langsung, melihat dengan mata kepala, maupun informasi dari gubernur, kemudian para kepala daerah, kemudian para tokoh masyarakat," ujar Doni Munardo.

Disamping itu, rombongan akan memberikan bantuan-bantuan yang sifatnya konsultatif, maupun bantuan pasilitas dan juga bantuan yang berkaitan dengan pendanaan.

"Setelah dari sini, kita akan ke Maluku Utara dan Papua, kunjungan kerja ini dilakukan sampai hari Rabu nanti," bebernya. (*)

Lanjutkan Membaca ↓