Sukses

Manjakan Warga Solo, Teman Bus Gratis hingga Akhir Tahun

Kementerian Perhubungan meluncurkan fasilitas Teman Bus di Solo. Kota kelahiran Presiden Jokowi itu menjadi kota kedua yang terpilih untuk menerapkan fasilitas Teman Bus dan gratis hingga akhir tahun

Liputan6.com, Solo - Kota Solo menerima fasilitas Transportasi Ekonomis Mudah Andal dan Nyaman atau Teman Bus dari Kementerian Perhubungan. Adanya Teman Bus yang gratis hingga akhir tahun itu diharapkan memancing masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi umum.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi menjelaskan Teman Bus yang beroperasi di Solo merupakan yang kedua di Indonesia setelah Palembang. Layanan Teman Bus yang bekerja sama dengan Batik Solo Trans sebagai operator itu merupakan bagian dari implementasi program buy the service (BTS).

"Teman Bus menyasar lima kota yaitu Medan, Denpasar, Palembang, Solo dan Jogja di tahun 2020. Yang pertama di Palembang, " jelas dia usai meresmikan Batik Solo Trans Koridor 3 dan 4 di Balai Koa Solo, Sabtu, 4 Juli 2020.

Program buy the service dengan pemberian subsidi transportasi massal ini skemanya adalah pemerintah membeli jasa layanan dari operator. Harga jasa ditentukan berdasar biaya operasional yang disepakati pemerintah dan operator.

“Penghitungan buy the service per kilometer. Penghitungan itu akan beda di tiap kotanya dan tergantung rutenya,” ujar dia.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Teman Bus

Fasilitas Teman Bus dilengkapi dengan CCTV dan sensor alarm pengemudi yang memberikan rasa aman bagi penumpang. Layanan Teman Bus mengedepankan kenyamanan penumpang dengan mengikuti protokol kesehatan. Seperti mewajibkan penumpang memakai masker, menjaga kapasitas kendaraan 50 persen dan menyediakan hand sanitizer.

"Rencananya Teman Bus akan beroperasi di empat rute koridor. Yakni koridor I dengan rute Bandara-Terminal Palur, koridor II Terminal Kerten-Terminal Palur, koridor IIII Terminal Kartasura-Cembengan dan koridor IV  Terminal Kartasura-Terminal Palur. Untuk saat ini baru tersedia koridor III dan IV, " jelasnya.

Teman Bus memberikan layanan tarif gratis kepada masyarakat hingga akhir tahun. Teman Bus dilengkapi dengan aplikasi mobile untuk memudahkan penumpang mendapatkan informasi rute, titik halte dan jadwal keberangkatan bus.

Aplikasi Teman Bus sudah bisa diunduh di playstore dan appstore. Cara naik Teman Bus cukup mudah, tunggu di halte terdekat dan siapkan kartu non tunai (Tap Cash BNI, flazz BCA, e-money Mandiri dan Brizzi BRI). Naik lalu tempelken kartu non tunai pada perangkat reader.

"Hadirnya Teman Bus bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan dapat memberikan pelayanan transportasi yang prima. Sehingga ke depannya masyarakat akan beralih menggunakan transportasi umum daripada menggunakan mobil pribadi, " kata Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.