Makna Kehadiran Kodim 1428 bagi Warga Mamasa

Oleh Abdul Rajab Umar pada 04 Jul 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 04 Jul 2020, 09:18 WIB
Peresmian Kodim 1428 Mamasa
Perbesar
Peresmian Kodim 1428 Mamasa (Liputan6.com/Abdul Rajab Umar)

Liputan6.com, Mamasa - Sebuah Komando Distrik Militer (Kodim) akhirnya berdiri di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Sebelumnya, daerah yang didominasi wilayah pegunungan itu berada dalam naungan Kodim 1402 Polmas yang berkedudukan di Kabupaten Polewali Mandar.

Danrem 142 Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan berharap, Kodim 1428 Mamasa dapat meningkatkan sinegiritas dengan pemerintah dan masyarakat setempat. Juga diharapkan dapat memberikan suasana baru, untuk meningkatkan kinerja personel jajaran yang bertugas di Bumi Kondosapata itu.

"Semoga hubungan yang baik dengan segenap komponen bangsa, dipelihara, dan ditingkatkan dalam upaya memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat," kata Firman saat meresmikan Kodim 1428 Mamasa, Jumat (3/7/2020).

Firman menambahkan, hadirnya Kodim 1428 Mamasa merupakan wujud perhatian TNI-AD kepada daerah itu. Mamasa dianggap sebagai daerah yang strategis sehingga dibentuklah sebuah Kodim sebagai komando kewilayahan.

"Kodim 1428 Mamasa diharap mampu mendukung pemerintah daerah dalam melaksanakan proses pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat," harap Firman.

Sementara itu, Bupati Mamasa Ramlan Badawi mengatakan, hari peresmian Kodim 1428 Mamasa merupakan hari yang sangat bersejarah. Karena, sudah sangat lama masyarakat bermimpi akan hadirnya sebuah Kodim di Mamasa.

"Pemerintah dan masyarakat Mamasa pada hari ini harus bersyukur, karena semua mimpi itu sudah terwujud," kata Ramlan.

Ramlan berharap, Kodim 1428 Mamasa dapat bersinergi dengan masyarakat. Pemerintah dan masyarakat juga mengharapkan TNI menjadi benteng pertahanan bagi masyarakat.

Kodim 1428 Mamasa dipimpin oleh Letkol Inf Andi Muh Aras sebagai wakil sementara. Ia akan bertanggungjawab atas daerah yang ditetapkan oleh Pemprov Sulawesi Barat sebagai daerah pariwisata.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓