Peringatan Satu Abad ITB, Jokowi Dijadwalkan Orasi Ilmiah via Daring 

Oleh Huyogo Simbolon pada 03 Jul 2020, 10:51 WIB
Diperbarui 03 Jul 2020, 10:51 WIB
Kampus ITB
Perbesar
Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). (www.itb.ac.id)

Liputan6.com, Bandung Tepat hari ini, (3/7/2020), Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia (PTTI) genap berusia 100 tahun. Peringatan satu abad ITB ditandai dengan sejumlah kegiatan, salah satunya menggelar Sidang Terbuka Peringatan Pendidikan Tinggi Teknik yang menghadirkan orasi ilmiah dari Presiden Joko Widodo.

Dalam siaran pers ITB disebutkan, peringatan 100 tahun ITB dan PTTI mengusung tema besar yaitu Inovasi untuk Pertumbuhan Berkelanjutan.

Dalam rangka memperingati 100 tahun PTTI tersebut, ITB akan menyelenggarakan terbuka di Aula Timur Kampus ITB Jalan Ganesha, Kota Bandung, pukul 09.00 WIB.

Rektor ITB Reini Wirahadikusumah, akan membuka sidang tersebut. Selanjutnya akan diisi oleh pidato sambutan dari Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITB Yani Panigoro dan Ketua Senat Akademik (SA) Hermawan Kresno Dipojono.

Pada sidang ini, Presiden Joko Widodo akan memberikan sambutan. Namun karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, pelaksanaan sidang terbuka akan digelar secara daring.

Selain itu, beberapa pimpinan ITB akan hadir pada acara tersebut untuk mengikuti prosesi sidang terbuka.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com, Jokowi dijadwalkan memberikan orasi ilmiah pada pukul 10.15 WIB. Adapun sidang yang dilaksanakan secara virtual ini akan disiarkan melalui kanal Youtube ITB.

Seperti diketahui, berawal dari didirikannya Technische Hogeschool (1920) sampai diresmikan dengan nama Institut Teknologi Bandung (1959) oleh Presiden Ir Sukarno, menjadi catatan sejarah lahirnya PTTI.

 

 

2 dari 3 halaman

Peresmian Tile Naming

Peresmian Tile Naming
Perbesar
Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Reini Wirahadikusumah meresmikan tile naming di tangga Rotunda ITB, Jalan Ganesha, Selasa (2/7/2020). (Foto: Humas ITB)

Selain itu, pada rangkaian peringatan 100 ITB dan PTTI diadakan peresmian tile naming di tangga Rotunda ITB, Selasa (2/7/2020). Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Rektor Reini.

Reini mengatakan, peresmian tile naming tersebut merupakan bagian dari rangkaian Peringatan 100 Tahun Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia (PTTI).

"Tile naming merupakan bentuk reward dari ITB kepada para donatur yang telah menunjukkan perhatian dan kontribusi besar kepada ITB," ujar Reini.

Ia menjelaskan, kontribusi alumni kepada almamater tidak hanya dalam bentuk finansial saja, namun banyak sekali kontribusi dalam bentuk lain. Akan tetapi, saat ini ITB memberikan penghargaan dalam bentuk tile naming.

"Dengan segala kerendahan hati, kami sangat berterima kasih, penghargaan yang sebar-besarnya kepada bapak dan ibu sekalian yang telah berkontribusi, yang nama-namanya tercantum dalam tile naming tersebut," ujarnya.

Dalam rangka peringatan 100 tahun ITB, Majelis Wali Amanat (MWA) ITB mencanangkan program Satu Abad Satu Triliun (1A1T) untuk Dana Lestari ITB yang dikelola oleh BPUDL ITB.

Didukung Salam Ganesha, yaitu gabungan alumni muda yang berdedikasi untuk melaksanakan kampanye, sosialisasi penggalangan dana yang dilakukan dengan cara kreatif, yaitu menggunakan platform digital dan memanfaatkan media sosial untuk mengajak para philanthropy berkontribusi dalam pengembangan ITB.

Dalam periode Januari hingga Maret 2020, telah terhimpun komitmen dana dari beberapa alumni sebesar Rp9,51 miliar dari 59 donatur. Sebagai bentuk penghargaan bagi para donatur, ITB bersama Salam Ganesha menggagas kegiatan pemasangan tile naming di fasilitas bersama kampus dengan mencantumkan nama-nama donatur tertentu di area Rotunda ITB.

Proses pemasangan tile naming batch-1 telah selesai dilakukan pada Kamis, 18 Juni 2020 dengan biaya sebesar Rp490 juta. Biaya tersebut meliputi biaya perancangan, konstruksi, renovasi area, dan penataan ulang taman rumput di sekitar Rotunda.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓