Menoreh Guratan Perjuangan Bung Karno, Menanam Semangat Nasionalisme

Oleh Dionisius WilibardusOla Keda pada 02 Jul 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 02 Jul 2020, 12:00 WIB
Bulan Bung Karno
Perbesar
Foto: Salah satu pelukis saat melukis wajah Bung Karno yang digelar DPC PDIP Sikka, NTT (Liputan6.com/Ola Keda)

Liputan6.com, Sikka - Bulan Juni diperingati sebagai bulan Bung Karno. Pasalnya, pada bulan itu, sang tokoh proklamator lahir. Untuk memperingatinya, Dewan Pimpinan Cabang PDIP Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar lomba lukis wajah Bung Karno di halaman kantor DPC PDIP, Selasa (30/6/2020).

Kurang lebih 30 peserta mulai dari kalangan pelajar hingga mahasiswa antusias mengikuti lomba melukis wajah Presiden RI pertama itu. Bukan hanya jenis lukisan naturalisme, tetapi sejumlah peserta juga terlihat melukis dengan dengan gaya abstrak dan juga ekspresionisme.

Ketua panitia pelaksana, Benediktus Lukas Raja mengatakan, selain memperingati bulan Bung Karno, kegiatan tersebut juga sekaligus untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan pelajar dan mahasiwa agar mampu mencontoh spirit perjuangan Bung Karno.

"Bulan Juni merupakan bulan Bung Karno. Sekaligus memperingati hari lahir Pancasila," ujarnya.

Menurut politikus dan juga anggota DPRD Kabupaten Sikka ini, Bung Karno sebagai sosok pendiri bangsa, harus ditokohi generasi penerus bangsa. Selain itu, lomba menggambar wajah Bung Karno juga sebagai wahana edukasi menanamkan nilai-nilai spirit kebangsaan dan nilai-nilai ajaran Bung Karno kepada generasi muda saat ini.

"Ini salah satu cara untuk memperkenalkan pendiri bangsa kita kepada pelajar dan mahasiswa," katanya.

Sementara salah satu peserta lukis, Marsianus Paul Elbi Serli (22) mengaku mengembangkan hobi melukis sejak masih duduk di bangku SD hingga SLTA.

Hobi dan bakatnya ini mulai ia kembangkan saat ia bersama teman-temannya yang juga merupakan para seniman lukis membentuk komunitas melukis.

"Baru kali ini kita mendapatkan tantangan melukis wajah Bung Karno. Ini pengalaman baru," tandasnya.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓