Banjir Kembali Melanda Gorontalo, Ratusan Rumah Terendam

Oleh Arfandi Ibrahim pada 28 Jun 2020, 22:00 WIB
Diperbarui 28 Jun 2020, 22:00 WIB
Hujan lebat memicu Banjir di sejumlah wilayah di Gorontalo. (Foto: Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)
Perbesar
Hujan lebat memicu Banjir di sejumlah wilayah di Gorontalo. (Foto: Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Liputan6.com, Gorontalo - Hujan lebat yang melanda beberapa wilayah di Gorontalo membuat ratusan rumah terendam air. Di Kabupaten Boalemo misalnya, sebanyak 107 rumah warga di Desa Mohungo, Kecamatan Tilamuta terendam banjir, Minggu (28/6/2020).

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boalemo, Roswita Novia Manto, mengatakan ketinggian air yang masuk ke permukiman lebih kurang 40 sentimeter atau setinggi betis orang dewasa.

Rendaman banjir dilaporkan terjadi di dua desa, yakni Desa Mohungo dan Lamu di Kecamatan Tilamuta. Sejak banjir itu melanda, pihak BPBD langsung mendatangi lokasi banjir dan mendata jumlah warga yang terdampak banjir.

“Iya memang benar telah terjadi banjir yang merendam beberapa rumah warga. Data sementara yang kami terima ada sekitar 107 rumah yang terendam,” kata Roswita.

Ia mengungkapkan saat ini BPBD bersama pihak terkait Dinas Sosial, Dinas PU dan KNPI sudah menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak dengan memberikan bantuan berupa makanan siap saji.

“Pada prinsipnya kami selaku pihak BPBD siap siaga dalam setiap bencana. Kami siap melayani warga ketika mengalami musibah bencana alami,” ucapnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Boalemo Ulkia Qiu mengatakan, ratusan unit rumah warga di Kecamatan Tilamuta terendam. Dinas sosial menggunakan data sementara untuk penyaluran bantuan.

“Itu baru data sementara, warga diharapkan untuk tetap waspada banjir susulan,” kata Ulkia.

“Alhamdulillah, sebagian tadi kita juga sudah menyalurkan bantuan di antaranya makanan siap saji kepada warga yang rumahnya terendam banjir,” kata dia lagi.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓