Sukses

Kabar Baik dari Sumbar, Hampir 80 Persen Pasien Covid-19 Sembuh

Kabar baik datang dari Sumatera Barat, hampir 80 persen dari total pasien yang terpapar virus corona (Covid-19) di provinsi itu dinyatakan sembuh.

Liputan6.com, Padang - Kabar baik datang dari Sumatera Barat, hampir 80 persen dari total pasien yang terpapar virus corona di provinsi itu dinyatakan sembuh.

Hingga Kamis 25 Juni 2020, terdapat 717 orang yang terkonfirmasi positif virus corona Covid-19, 563 di antaranya dinyatakan sembuh .

"Persentase tingkat kesembuhan dari hari ke hari terus meningkat," kata Juru Bicara Percepatan Penanganan Virus Corona Sumbar, Jasman Rizal Kepada Liputan6.com, Kamis (25/6/2020).

Kemudian dari 717 pasien positif itu 4,18 persen atau 30 orang di antaranya meninggal dunia, dan pasien yang masih diisolasi sebanyak 17,3 persen atau 124 orang.

Jasman menyebut dalam beberapa minggu terakhir, penambahan kasus positif Covid019 di Sumbar mulai turun, terutama di Kota Padang.

"Ini tentu kabar baik bagi kita semua, namun tidak boleh lengah karena virus masih mengancam di sekitar," katanya.

Tim medis di laboratorium, lanjutnya terus berjuang memeriksa setiap sampel yang masuk. Untuk data kemarin jumlah sampel yang diperiksa sebanyak 606 sampel.

Di Sumbar saat ini terdapat 2 laboratorium yang bisa menguji sampe virus corona, yakni Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso agam.

"2 laboratorium ini berperan dalam proses percepatan penanganan virus corona di Ranah Minang," ujar Jasman.

Jasman mengimbau masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan, apalagi saat ini Sumatera Barat sudah mulai menerapkan normal baru.

"Gunakan masker dan disiplin menjaga jarak ketika beraktivitas di luar rumah," katanya menambahkan.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.