Sukses

Diusulkan Jadi Nama Bandara Baru Singkawang, Siapa Ali Anyang?

Nama Ali Anyang digadang-gadang bakal menjadi nama bandara baru di Singkawang. Siapa dia?

Liputan6.com, Singkawang - Nama tokoh Dayak Ali Anyang digadang-gadang bakal menjadi nama bandara baru di Singkawang. Pada Rapat Paripurna DPRD Singkawang, sejumlah fraksi di DPRD Kota Singkawang telah memberikan pemandangan umum terhadap Raperda tentang Nama Bandar Udara Baru yang diusulkan Wali Kota Singkawang.

Juru Bicara Fraksi Partai Nasdem, Anewan, Kamis (25/6/2020) mengatakan, pihaknya telah sepakat memilih nama Ali Anyang sebagai nama bandar udara baru di Singkawang.

"Ali Anyang merupakan tokoh berpengaruh berjasa di daerah, yaitu Ali Anyang sebagai putra Dayak yang berperan besar dalam menegakkan kedaulatan Republik Indonesia khususnya di Kalimantan Barat," katanya dikutip Antara.

Menurut Anewan, ditinjau dari aspek kesejarahan, nama asli Ali Anyang adalah Anjang atau dibaca Anyang. Anyang lahir pada 20 Oktober 1920 di Desa Nanga Menantak suatu pemukiman suku Dayak Uud Danum, yang terletak di pedalaman Sintang Kalimantan Barat.

Ali Anyang diangkat menjadi anak oleh bangsawan Jawa dan kemudian masuk Islam mengikuti agama keluarga barunya, sehingga diberi nama Mohammad Ali, lantas Anyang menambah nama asli pemberian orangtuanya, jadilah dikenal dengan Mohammad Ali Anyang.

Anewan juga mengatakan, dalam perjuangannya Ali Anyang sukses merebut kembali Bengkayang melalui agresi militer dengan tentara NICA di Bengkayang.

Ali Anyang dan kawan-kawan dengan berani mengibarkan bendera merah putih serta mengumandangkan lagu Indonesia Raya di kota yang berbatasan langsung dengan wilayah Malaysia di bagian timur itu.

"Ini untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa dan perjuangan beliau dalam menegakkan kedaulatan Republik Indonesia khususnya di Kalimantan Barat," ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie dalam nota pengantar yang disampaikan, menyebutkan ada beberapa nama bandara yang diusulkan, seperti mengambil nama seorang proklamator, yaitu Bung Karno dan nama seorang pejuang atau pahlawan asal Kalimantan Barat yaitu Ali Anyang.

"Saya berharap, DPRD bersama Pemkot Singkawang nantinya bisa membahas nama yang baik untuk Bandar Udara Baru Kota Singkawang," katanya.

Sehingga dari pembahasan itu nanti bisa menghasilkan satu nama yang terbaik untuk Bandar Udara Baru Kota Singkawang.

"Apabila sudah ditetapkan nama dan Perdanya, maka akan kita usulkan ke Kementerian Perhubungan RI," ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.