Aksi Polisi Jelang Peringatan Hari Bhayangkara pada Masa Pandemi

Oleh Heri Susanto pada 25 Jun 2020, 22:00 WIB
Diperbarui 25 Jun 2020, 22:00 WIB
rapid test gratis yang digelar polda sulteng di pasar tradisional
Perbesar
Rapid test gratis yang digelar Polda Sulteng bagi pengunjung dan pedagang pasar tradisional di Palu pada Rabu (24/6/2020). Sebanyak 40 warga menjalani test itu. (Foto: Humas Polda Sulteng).

Liputan6.com, Palu - Jelang hari jadi ke-74 Bhayangkara tahun 2020 yang bertepatan dengan pandemi Covid-19, Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah menggelar aksi sosial di dua pasar tradisional di Kota Palu, salah satunya dengan rapid test secara acak ke pengunjung dan pedagang pasar.

Dua pasar yang jadi sasaran aksi Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah jelang peringatan hari Bhayangkara itu adalah pasar Manonda di Kecamatan Palu Barat dan pasar Masomba di Kecamatan Palu Selatan.

Berbeda dengan biasanya, kali ini aksi sosial itu menarget masyarakat sebagai deteksi wabah Covid-19. Di dua pasar itu personel Polda Sulteng memulai dengan membagikan 300 masker gratis kepada warga yang kedapatan tidak mengenakannya.  

Bersamaan dengan itu, pemeriksaan suhu tubuh juga dilakukan terhadap pengunjung dan pedagang pasar sambil menyosialisasikan protokol kesehatan di tempat publik.

Aksi yang digelar pada Rabu pagi (24/6/2020) itu diakhiri dengan pemeriksaan rapid gratis secara acak di pasar tradisional tersebut. Sebanyak 40 orang yang merupakan pedagang dan pengunjung pasar menjalani uji kesehatan tersebut.

Pihak Polda Sulteng menyatakan ke-40 orang itu berdasarkan pemeriksaan dinyatakan non-reaktif. Hasil pemeriksaan itu langsung diberikan kepada warga.

"Walau begitu kami minta warga untuk tetap menjaga kesehatannya dengan tetap taat imbauan pemerintah di masa pandemi ini. Giat itu bagian dari keterlibatan polisi dalam upaya penanganan virus tersebut," jelas Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto, Rabu (24/6/2020).

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓