Sukses

Melacak Riwayat Kontak Pasien yang Sempat Kabur dari RSUD Anutapura Palu

Pasien Covid-19 yang sempat meninggalkan ruang isolasi RSUD Anutapura Palu akhirnya dijemput petugas untuk dikembalikan ke rumah sakit.

Liputan6.com, Palu - Pasien Covid-19 yang sempat meninggalkan ruang isolasi RSUD Anutapura Palu akhirnya dijemput petugas untuk dikembalikan ke rumah sakit. Menyusul itu pihak Dinas Kesehatan Kota Palu menyatakan akan melacak riwayat kontak pasien itu selama luar ruang isolasi.

Pasien itu dijemput petugas gabungan di kompleks Masjid Agung Darussalam Palu sekitar pukul 17.00 Wita setelah rekan kerjanya di lokasi tersebut melaporkan keberadaan si pasien Covid-19 yang sempat kabur ini.

Sebuah mobil ambulans dari RSUD Anutapura Palu lalu membawa pasien Covid-19 yang kabur dari ruang isolasi sejak Jumat pagi (19/6/2020) itu kembali ke rumah sakit untuk meneruskan perawatan tanpa gangguan.

“Sebelumnya tim surveilans sudah menyebar nomor kontak di lokasi pasien itu ditemukan. Alhamdulillah dia (pasien yang sempat kabur) sudah dikembalikan ke rumah sakit berkat laporan rekan kerja,” Kadis Kesehatan Kota Palu, dr Husaema menerangkan, Sabtu (20/6/2020).

Menyusul telah kembalinya pasien tersebut, pihak Dinas Kesehatan Kota Palu menyatakan tim surveilans dinkes selanjutnya akan melakukan pelacakan kemungkinan adanya kontak si pasien dengan warga lainnya selama berada di luar ruang isolasi.

Selain itu sterilisasi lokasi tempatnya dijemput juga akan dilakukan guna mencegah kemungkinan penularan.

“Petugas akan lebih dulu menanyai dia. Kalau ada pengakuan dia kontak yang pasti pelacakan orang-orang untuk diperiksa akan dilakukan,” jelas dia.

Sebelumnya, pasien Covid-19 kabur ruang isolasi di RSUD Anutapura Palu tanpa dicurigai oleh petugas pada Jumat pagi setelah sempat dirawat selama lima hari. Menurut pihak rumah sakit, sebelum nekat pergi pasien itu kerap mengaku ingin pulang melihat istrinya yang tengah hamil.

“Dari awal masuk di rumah sakit ini (Anutapura Palu) dia tidak betah. Katanya ingin menjenguk istrinya,” PLT Direktur RSUD Anutapura Palu, drg Herry Mulyadi mengungkapkan, Sabtu pagi (20/6/2020).

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.