Sukses

Peserta Rapid Tes di Pekanbaru Bisa Servis Motor Gratis

Ratusan warga Pekanbaru ikuti rapid test Covid-19 gratis di kawasan purna MTQ Pekanbaru untuk menyambut peringatan Hari Bhayangkara pada Juli nanti.

Liputan6.com, Pekanbaru - Ratusan warga Pekanbaru ikuti rapid test Covid-19 gratis di kawasan purna MTQ Pekanbaru. Untuk menghindari kerumunan, Polda Riau sebagai penyelenggara menerapkan protokol kesehatan ketat.

Ada tiga posko rapid test tersedia. Pertama dari Rumah Sakit Bhayangkara Polda Riau, kemudian dari TNI dan Rumah Sakit Awal Bros.

Sebagian pelaksanaan rapid test dilakukan secara drive thru. Sementara bagi warga yang memakai sepeda motor, bisa menservice secara gratis karena sudah disediakan beberapa bengkel dadakan.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Riau Komisaris Besar Pringadhi, bakti sosial ini untuk menyambut Hari Bhayangkara pada 1 Juli 2020 nanti. Selain itu juga sebagai deteksi dini agar masyarakat tidak terinfeksi virus Corona.

"Dilaksanakan sehari, kami menyediakan 300 alat rapid test," kata Pringadhi, Kamis (18/6/2020).

Pringadhi menyebut peserta rapid test diberi surat keterangan. Kemudian ada juga surat pernyataan bersedia menjalani swab test jika hasilnya reaktif.

"Namun sejauh ini belum ada, hasilnya non reaktif semua," kata Pringadhi.

Menjelang peringatan Hari Bhayangkara nanti, Pringhadi menyebut Polda Riau bakal melaksanakan bakti sosial lainnya. Terutama berkaitan dengan Covid-19 agar masyarakat teringankan beban hidup di tengah pandemi.

"Untuk rapid hari ini saja dulu karena keterabatasan alat, kedepannya bisa dilaksanakan lagi," ucap Pringadhi.

Sebagai informasi, warga positif Covid-19 di Riau berjumlah 128 orang. Dari semuanya itu, tinggal 10 pasien dirawat, di mana sisanya dinyatakan sembuh dan ada juga meninggal dunia.

Untuk Pekanbaru, virus Corona berada pada zona kuning. Pasalnya masih terdapat sejumlah PDP yang dirawat dan menunggu hasil swab.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.