Sukses

Karyawan Mal di Manado Bakal Kembali Kerja Usai 3 Bulan Dirumahkan

Di daerah lain, mal sudah dibuka semua. Namun, di Manado baru akan direkomendasikan dibuka kembali dengan syarat menerapkan protokol kesehatan pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Manado Setelah 3 bulan ditutup akibat pandemi Covid-19, pusat-pusat perbelanjaan seperti mal di Kota Manado bakal kembali dibuka. Penerapan protokol kesehatan secara ketat menjadi syarat utama.

"Kami datang di sini melihat dari dekat bagaimana para pengusaha di pusat-puast perbelanjaan ini melaksanakan protokol Covid-19," ujar anggota Komisi I DPRD Kota Manado, Benny Parasan, Rabu (17/6/2020).

Sejumlah anggota DPRD Kota Manado meninjau beberapa pusat perbelanjaan terkait rencana dibukanya kembali sejumlah mal.

"Kunjungan ini juga menindaklanjuti hasil dari rapat bersama pengusaha-pengusaha mal yang ada di Kota Manado," dia mengatakan.

Parasan menambahkan, saat tinjauan itu pihaknya mendapati di pintu masuk ke Manado Town Square sudah disediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer. Juga tenan-tenan seperti di Matahari Store telah menerapkan physical distancing.

"Jadi ada jarak, ini penerapan protokol Covid-19," tuturnya.

Parasan juga menuturkan, rencana dibukanya kembali pusat perbelanjaan ini karena kurang lebih 3 bulan ini banyak karyawan dirumahkan.

"Otomatis mereka tidak memiliki penghasilan sehingga ini yang menjadi keprihatinan dan kami sangat serius mengenai hal ini," beber Parasan.

Terkait hal ini, pihaknya menyampaikan kepada pengusaha akan membuat rekomendasi dibuka kembali mal yang ada di Kota Manado.

"Di daerah lain mal itu sudah di buka semua. Kenapa mal di Manado tidak dibuka, tanpa mengabaikan protokol kesehatan yang ada," tandasnya.

Dia menambahkan, karena Presiden Jokowi sudah menyampaikan bahwa Indonesia sudah masuk ke new normal yaitu hidup seperti biasa namun tetap memberlakukan protap kesehatan.

"Mal yang ada di Kota Manado sudah sangat siap semuanya, kami sangat mendukung pembukaan kembali," dia menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.