Sukses

Saran Ridwan Kamil untuk Cegah Kerumunan di Lokasi Wisata

Ridwan Kamil merekomendasikan destinasi wisata outdoor dan yang buka pada siang hari bisa dibuka terlebih dulu.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar Ridwan Kamil memberikan cara agar pengelola wisata dalam menerapkan pembatasan jumlah pengunjung sekaligus menghindari kerumunan.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan pengelola objek wisata dapat melakukan penjualan tiket destinasi wisata via daring atau online.

"Saya meminta pakai online. Kalau online, jumlah tiketnya dibatasi, sehingga pas datang pengunjung menunjukkan sesuai kuotanya," kata Emil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (15/6/2020).

Mantan Wali Kota Bandung ini menjelaskan, pembukaan sektor pariwisata dilakukan secara bertahap. Destinasi wisata outdoor dan siang hari direkomendasikan dibuka lebih dulu. Kemudian, wisatawan luar Jabar belum dapat berwisata ke Jabar untuk sementara.

Menurut Emil, hal tersebut untuk mencegah munculnya kasus impor virus corona dan membatasi ruang gerak Covid-19.

"Saya ingatkan, kalau bisa, pariwisata yang didahulukan outdoor dan siang, dan kalau bisa KTP Jawa Barat dulu, karena kita lagi melokalisir infeksi lokal sudah terkendali, jangan sampai imported case, yaitu kasus datang dari orang luar Jawa barat, masuk," ucapnya.

"Yang paling bagus itu contoh kan di Kabupaten Bandung Barat. Pengelola pakai penghitung jumlah pengunjungnya untuk batasi jumlah pengunjung dalam satu waktu," ucap Emil menambahkan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.