Sukses

Dinyatakan Positif Covid-19, Warga Palembang Malah Kabur ke Empat Lawang

Setelah dinyatakan positif Corona Covid-19, warga Kota Palembang malah memilih kabur ke Kabupaten Empat Lawang agar tidak dirawat ke rumah sakit rujukan.

Liputan6.com, Palembang - Di tengah penerapan New Normal beberapa waktu ini, warga Kabupaten Empat Lawang Sumatera Selatan (Sumsel) dibuat kaget dengan keberadaan salah satu warga yang terpapar Corona Covid-19.

Pasien positif Corona Covid-19 berinisial A (52), yang memilih tinggal di rumah mertuanya di Kecamatan Saling Kabupaten Empat Lawang Sumsel.

Ternyata, pasien A tersebut merupakan warga Kota Palembang Sumsel. Pada awal bulan Juni 2020, A dinyatakan positif Corona Covid-19 setelah hasil swab di Rumah Sakit (RS) Karya Asih Palembang keluar.

Saat akan dibawa ke rumah sakit rujukan di Palembang, A bersama suaminya memilih kabur dari Kota Palembang.

Pasangan suami istri (pasutri) ini, nekat berangkat dari Kota Palembang ke Empat Lawang Sumsel menggunakan sepeda motor. Mereka memilih tinggal di rumah mertua A, di Kabupaten Empat Lawang Sumsel.

Namun keberadaan pasien A dapat dilacak oleh tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Empat Lawang Sumsel, pada hari Rabu (10/6/2020).

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Empat Lawang Arga Sena mengatakan, A langsung dibawa ke rumah karantina di Kabupaten Empat Lawang Sumsel.

Pada Jumat (12/6/2020) malam, para tenaga medis yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, membawa pasien A menggunakan mobil ambulans ke Palembang.

“Pasien A sudah dibawa ke rumah sakit rujukan di Palembang dan diisolasi ke Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang. Dia dirawat di sana sampai kondisinya membaik dan negatif Covid-19,” katanya, Sabtu (13/6/2020).

Untuk melakukan rujukan jarak jauh, Gugus Tugas Covid-19 Empat Lawang menggunakan Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi (Sisrute), ke RSMH Palembang Sumsel.

“Sisrute berhasil, pasien dirujuk ke RSMH Palembang untuk dirawat. Kita berharap pasien mematuhi semua protokol kesehatan, agar kondisinya segera membaik,” ujarnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.