Sukses

Jelang Kenormalan Baru, Konsumsi BBM di Sumut Naik

Pertamina memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan elpiji di Sumatera Utara (Sumut) aman menjelang penerapan new normal atau kenormalan baru, yang dicanangkan pemerintah di tengah pandemi virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Medan Pertamina memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan elpiji di Sumatera Utara (Sumut) aman menjelang penerapan new normal atau kenormalan baru, yang dicanangkan pemerintah di tengah pandemi virus Corona COVID-19.

Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, Roby Hervindo melaporkan, layanan kepada konsumen jelang kenormalan baru dilaksanakan dengan menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

"Konsumsi BBM di Sumut pada awal penerapan kenormalan baru menunjukkan pergerakan naik," kata Roby, Jumat (12/6/2020).

Dijelaskannya, rata-rata harian konsumsi BBM jenis bensin yaitu Premium, Pertalite dan Perta series di Sumut pada bulan Juni 2020 meningkat empat persen dibandingkan Mei 2020. Konsumsi tercatat 4,1 juta liter per hari dibandingkan bulan lalu 4 juta liter per hari.

"Hal ini ditengarai karena masyarakat yang kembali beraktivitas di luar rumah," ujarnya.

Konsumsi BBM jenis diesel, Biosolar, Dexlite, dan Dex, bahkan meningkat lebih besar sebanyak 13 persen. Ekuivalen dengan 2,3 juta liter per hari, dibandingkan konsumsi Mei 2020 sejumlah 2 juta liter per hari.

Disebutkan Roby, masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan BBM dalam menghadapi kondisi kenormalan baru. Stok BBM yang tersedia di fuel terminal, mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Sumut hingga 35 hari ke depan.

Ketersediaan elpiji diyakinkan Roby mencukupi kebutuhan masyarakat. Stok elpiji yang tersedia di depot mampu memenuhi kebutuhan masyarakat hingga 14 hari ke depan.

"Penyaluran elpiji di masa awal kenormalan baru ini juga meningkat, sebesar 419 ribu tabung per hari. Konsumsi pada Mei 2020 sebanyak 413 ribu tabung per hari," sebutnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Protokol Pencegahan COVID-19

Terkait peningkatan aktivitas luar rumah warga di masa kenormalan baru, Pertamina terus menerapkan standar protokol pencegahan COVID-19 di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

"Diantaranya menugaskan operator menggunakan pelindung wajah, dan mengatur posisi berdiri konsumen ketika mengisi BBM dalam jarak minimal satu meter," sebut Roby.

Kontak fisik dengan konsumen juga diminimalisir untuk mengurangi potensi penularan COVID-19. Salah satunya dengan mendorong pembayaran non tunai, melalui aplikasi MyPertamina dan LinkAja. Seluruh SPBU di Sumut sudah menyediakan layanan non tunai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.