Sukses

Semen Baturaja Kembangkan Penjualan Produknya di Pontianak

PT Semen Baturaja Tbk mengembangkan penjualan produknya hingga ke Kota Pontianak Kalimantan Barat (Kalbar).

Liputan6.com, Palembang - PT Semen Baturaja (Persero) Tbk baru saja melakukan pengiriman perdana produk semennya ke Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Produk semen SMBR diangkut dari Pelabuhan Boom Baru Palembang, menuju Pontianak pada Rabu (10/6/2020).

Direktur Pemasaran SMBR, Dede Parasade mengatakan, pengiriman produk semennya ke Pontianak ini merupakan tindak lanjut dari market trial yang telah dilakukan Perseroan sejak 2019 lalu.

Pada pengiriman perdana ini, telah diangkut sebanyak 750 ton semen.

Dede menjelaskan bahwa di bulan Juni 2020 ini, akan dilakukan dua kali pengiriman dengan kapasitas totalsebanyak 2.750 ton.

“Apabila pengiriman perdana ini berhasil dengan baik, SMBR telah menyiapkan kontrak jangka panjang dengan distributor lokal” katanya, Kamis (11/6/2020).

Pengiriman perdana produk semen dari PT Semen Baturaja ini, bekerjasama dengan PT Pelabuhan Tanjung Priok.

Dimana merupakan anak perusahaan PT Pelindo II (Persero),yang berperan sebagai perusahaan bongkar muat yang ditunjuk SMBR untuk jasa handling.

Dede menuturkan, bahwa SMBR melakukan ekspansi ke pasar semen di Pontianak.

"Ini sebagai salah satu langkah strategis Perseroan untuk meningkatkan utilisasi pabrik yang ada. Selain itu," ucapnya.

Perseroan menilai pasar semen di Kalimantan khususnya di Pontianak, masih sangat prospektif untuk dikembangkan. Walaupun industri semen nasional oversupply.

“Kami optimis mampu merebut 5 persen pangsa pasar semen di Pontianak sepanjang 2020” ujarnya.

Dede menjelaskan, selain fokus pada penjualan semen di pasar Sumbagsel, PT Semen Baturaja kedepannya akan terus gencar menggarap wilayah pasar baru.

 

simak video pilihan berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Strategi Pemasaran Produk

Meskipun kondisi industri semen nasional saat ini masih oversupply dan pertumbuhannya cenderung negatif karena terdampak pandemi Covid-19.

“Dengan masuknya produk semen SMBR di Pontianak, kami ingin membuktikan bahwa SMBR juga mampu merambah pasar baru di luar Sumatera” ujarnya.

Selain Pontianak, SMBR pun sudah menyiapkan sejumlah wilayah pasar baru di luar Sumatera. Yang siap digarap untuk pemasaran produk semennya guna mencapai target Perseroan di 2020.

“Bahkan saat ini, kami sudah mulai melirik peluang di pasar ekspor semen dan klinker," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.