Sukses

Sujud Syukur Dua Jenderal Saat Tiba di Dua Pulau Terdepan Indonesia

Pulau Miangas dan Pulau Marore merupakan pulau terdepan Indonesia yang berbatasan langsung dengan Filipina, kehadiran pimpinan TNI dan Polri di sana sangat penting.

Liputan6.com, Manado - Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas memantau secara langsung kondisi di dua pulau terdepan Indonesia yang berbatasan langsung dengan Filipina yakni Pulau Miangas dan Pulau Marore, Sulut.

Saat menginjakan kaki di kedua pulau tersebut Danlantamal VIII bersama Kapolda Sulut Irjen Pol Royke Lumowa yang merupakan dua jenderal asli Sulut sujud syukur.

“Ini sebagai tanda penyertaan Yang Maha Kuasa, sekaligus rasa kebersamaan dengan seluruh masyarakat dan prajurit penjaga perbatasan antara Indonesia dan Filipina,” ujar Rompas, Senin (8/6/2020).

Sebelum memberikan sambutan, Rompas mengajak seluruh masyarakat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya untuk menggugah rasa nasionalisme sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pulau Miangas dan Pulau Marore merupakan pulau terdepan Indonesia yang berbatasan langsung dengan Filipina, oleh karena itu kehadiran perwakilan pimpinan TNI dan Polri sangat penting,” ujarnya.

Kegiatan bakti sosial nerupakan bentuk perhatian serta bukti nyata TNI-Polri hadir untuk menjaga serta mengamankan masyarakat Miangas dan Marore.

“Jangan terpengaruh dengan isu-isu yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan takut, TNI-Polri akan selalu melindungi serta menjaga masyarakat,” tegas Rompas.

Rompas juga menyampaikan pesan Gubernur Sulut Olly Dondokambey agar masyarakat di Miangas dan Marore tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19 dalam melakukan kegiatan.

“Selalu menggunakan masker, jaga jarak dan hindari kerumunan serta selalu mencuci tangan untuk menekan angka penularan,” ujarnya.

Pelaksanaan baksos bagi-bagi sembako yang dilakukan Danlantamal VIII Manado bersama Kapolda Sulut sebagai perwakilan TNI-Polri dan Forkopimda Provinsi Sulut disambut antusias masyarakat Miangas dan Marore.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.