Sukses

Imbas Corona COVID-19, Konsumsi BBM di Bali Terjun Bebas

Pandemi COVID-19 membawa perubahan dengan data tren konsumsi BBM terus menurun

Liputan6.com, Denpasar  Menjelang berakhirnya masa aktif Satuan Tugas Ramadhan, Idul Fitri dan COVID-19 (RAFICO) 2020, Pertamina mencatat beberapa indikasi perubahan yang terjadi di masyarakat terkait jumlah konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) di masyarakat dan kesiapan distribusi energi, khususnya di Bali. Satgas RAFICO 2020 dijadwalkan bertugas sampai dengan tanggal 8 Juni 2020. 

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus, Rustam Aji menyampaikan, masa pandemi Corona COVID-19 membawa perubahan dengan data tren konsumsi BBM terus menurun. Semenjak awal Bulan Ramadhan, hingga seminggu pasca Hari Raya Idul Fitri. Kondisi ini tidak mencerminkan hal yang sama pada momen Ramadhan dan Idul Fitri di tahun-tahun sebelumnya.

"Selama bulan puasa, lebaran hingga H+6 hari raya tahun ini, kami mencatat konsumsi BBM mengalami penurunan. Untuk produk Premium dan Perta Series (Gasoline) di Bali sampai dengan akhir bulan Mei 2020 turun 45 persen dibanding dengan konsumsi pada masa satgas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) tahun 2019. Pun untuk produk Biosolar dan Dex Series (Gasoil) juga turun sebesar 40 persen," papar Rustam pada acara silaturahmi dan diskusi media Webinar, Jumat 5 Mei 2020.

 

Pada kondisi normal di awal tahun lalu, rerata penyaluran harian untuk konsumsi BBM jenis Gasoline di Bali selama masa aktif Satgas RAFI mencapai 2.700 Kilo Liter (KL) per hari, namun di tahun ini turun menjadi 1.500 KL. Hal yang serupa juga tercatat pada angka rerata penyaluran harian produk jenis Gasoil yang turun dari 600 KL menjadi 360 KL per hari.

Sementara di produk LPG, penyaluran untuk sektor rumah tangga sampai H+6 Hari Raya Idul Fitri 2020 juga menunjukkan tren turun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Rerata penyaluran harian di periode tersebut pada tahun ini turun 14-18 persen di seluruh wilayah Bali.

“Sepanjang periode pemantauan Tim Satgas RAFICO tahun ini, kami salurkan LPG subsidi rata-rata sebanyak 600 Metrik Ton (MT) per hari. Turun jika dibanding rata-rata penyaluran harian sebelumnya yang berjumlah sekitar 690 MT per hari,” tambah Rustam.

Demikian juga untuk penyaluran Avtur di DPPU Ngurah Rai. Pada kondisi normal, DPPU Ngurah Rai menyalurkan 2.500 KL per hari, namun selama masa pandemi hanya menyalurkan 10-15 persen kondisi normal, untuk melayani penerbangan repatriasi, Pekerja Migran Indonesia, dan penerbangan dalam rangka penanganan Corona COVID-19.

Tim Satgas RAFICO Pertamina masih terus siaga dan memastikan penyaluran energi bagi masyarakat baik BBM dan LPG tetap berjalan lancar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inovasi Layanan

Menyesuaikan dengan situasi di masa pandemi, Pertamina juga terus berinovasi dalam layanan kepada masyarakat. Pertamina selaku penyedia energi pun merespons hal itu dengan menerapkan standard operating procedure (SOP) yang sesuai dengan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Corona COVID-19.

Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai dengan yang disarankan ketentuan kesehatan, saat ini sudah menjadi hal wajib bagi para operator di SPBU dan Agen distribusi LPG yang melayani kebutuhan energi secara langsung di tengah-tengah masyarakat.

Penerapan tata laksana baru dalam menjalankan proses bisnis di perkantoran Pertamina juga sudah dilaksanakan. Seperti mengoptimalkan sarana rapat online, membawa makan siang dan alat makan pribadi dari rumah, physical distancing di area kerja, surat izin sebagai prosedur tambahan untuk pekerja yang akan keluar-masuk kantor dalam melaksanakan aktivitas serta pengawasan berlapis untuk penerimaan tamu secara fisik di perkantoran.

"Kami juga terus mendorong konsumen agar bertransaksi membeli BBM dan LPG secara non tunai melalui aplikasi MyPertamina yang terkoneksi dengan LinkAja. Selain lebih mudah dan nyaman, juga mengurangi resiko penyebaran wabah COVID-19 melalui uang tunai," ujar Rustam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.