Kabar Gembira, 2 Bocah Kakak Beradik di Jambi Sembuh dari Covid-19

Oleh Gresi Plasmanto pada 04 Jun 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 01 Jul 2020, 09:28 WIB
Covid-19 Kota Jambi
Perbesar
Wali Kota Jambi Sy Fasha dalam konferensi pers di Media Center Covid-19 Kota Jambi. (Liputan6.com / Humas Kota Jambi)

Liputan6.com, Jambi - Dua kakak beradik di Kota Jambi dinyatakan sembuh dari infeksi Covid-19. Sembuhnya dua pasien itu diketahui setelah uji swab dengan hasil dua kali negatif.

"Hari ini Kementerian Kesehatan mengumumkan tidak ada penambahan kasus positif, dan Alhamdulillah ada dua pasien yang sembuh," kata Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jambi, Syarif Fasha melalui keterangannya yang disampaikan lewat video konferensi pers di Jambi, Rabu (3/6/2020).

Syarif Fasha yang juga Wali Kota Jambi itu menyampaikan, kedua pasien yang sembuh adalah dua anak. Di antaranya, pasien 18 KJ seorang anak perempuan atas nama NF berusia 5 tahun, dan kakaknya pasien 19 KJ atas nama AF seorang laki-laki berusia 11 tahun.

Keduanya merupakan warga Kelurahan Rawasari, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi. Mereka sempat dirawat di RSUD Abdul Manap Kota Jambi. Pasien tersebut sebelumnya diketahui tertular virus Covid-19 kontak dari keluarganya klaster Gowa.

"Kedua anak yang sembuh ini masih ada hubungan saudara," kata Fasha.

Keduanya kata Fasha, telah diperbolehkan pulang, tetapi tetap diminta melakukan isolasi mandiri di rumah serta selalu menjaga perilaku hidup sehat. Kepada masyarakat juga diminta untuk tidak mengucilkan pasien yang sembuh itu.

Di Kota Jambi, lanjut Fasha, hingga 3 Juni 2020, jumlah pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh berjumlah 4 orang. Sedangkan, pasien yang masih dirawat terkonfirmasi positif sebanyak 23 orang.

"Masyarakat agar tetap patuh anjuran pemerintah, laksanakan social distancing serta selalu menggunakan masker," ujar Fasha.

2 dari 3 halaman

Tak Ada Tambahan Positif

Selama sepekan di wilayah Provinsi Jambi tidak terjadi penambahan kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19. Berdasarkan perkembangan data terbaru yang dirilis Gugus Tugas Covid-19 Jambi, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif sebanyak 97 orang.

Dari 97 yang dinyatakan positif itu, di antaranya 17 orang dinyatakan telah sembuh. Sedangkan yang masih dalam proses perawatan sebanyak 80 orang pasien.

Gugus Tugas Covid-19 Jambi juga masih menunggu hasil uji swab sebanyak 89 spesimen dari total yang sebanyak 91 spesimen.

"Terimkasih kepada tim medis yang telah merawat pasien, apresiasi juga kepada Pemkot Jambi yang telah memotivasi pasien sembuh," ucap juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓