Sukses

Imutnya Remon, Bayi Lutung Penghuni Terbaru Kebun Binatang Bandung

Remon usianya baru memasuki empat minggu. Dia lahir saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Liputan6.com, Bandung - Kabar bahagia datang di tengah pandemi Corona (Covid-19). Seekor bayi lutung (Javan silvered leaf monkey) bernama Remon menjadi penghuni baru di Kebun Binatang Bandung.

Remon usianya baru memasuki empat minggu. Bayi lutung pasangan dari induk jantan bernama Albert, dan betina bernama Luluk ini lahir pada masa pandemi pada 3 Mei 2020.

Menurut Aep Saepudin (47), keeper lutung di kawasan konservasi satwa di sini, Remon terlihat pertama kali pada Minggu (3/5/2020) pagi. Kala itu, Aep mendatangi kandang untuk memberi pakan.

"Saya waktu itu pagi-pagi mau kasih makan. Pas dilihat, sudah ada bayi lutung," kata Aep saat ditemui, Rabu (3/6/2020).

Mengetahui keberadaan bayi lutung jantan di kandang tersebut, Aep segera melakukan tindakan dengan memindahkan induk jantan. Hal itu dilakukan karena lutung jantan tersebut masih terlihat bernafsu untuk mengawini betina.

"Nanti malah anakannya yang mati kalau dibiarkan, makanya dipisah dulu," kata Aep.

Perlu diketahui, kebun binatang yang berlokasi di Jalan Tamansari Bandung ini masih menutup kunjungan akibat pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Penutupan dilakukan untuk meminimalisasi kunjungan wisatawan.

Sampai saat ini, pihak Kebun Binatang Bandung belum membuka kunjungan untuk wisatawan. Pihak pengelola masih menunggu pemerintah daerah memberlakukan pembatasan sosial pada masa pandemi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kondisi Bayi Lutung Sehat

Saat ini, kondisi lutung tersebut tampak sehat dan terus bergelantungan pada induknya. Untuk menemani induk lutung Luluk, keeper memasukkan seekor lutung betina dewasa bernama Fitri.

"Jadi dengan cara ini, bayi lutung bisa menyusui ke dua lutung betina dewasa. Karena secara naluriahnya lutung itu hewan yang mengasihi anaknya," ujar Aep.

Aep mengaku tidak terkejut dengan kelahiran Remon. Ia menuturkan, sejak 23 Desember lalu induk jantan dan betina sudah berada dalam kandang yang sama sebagai proses perkawinan.

"Yang saya tahu tanggal kawinnya 23 Desember. Memang kunjungan mulai terhenti sejak Maret, jadi ada kemungkinan hasil kelahiran ini dikarenakan situasinya lebih menguntungkan buat satwa," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Empat Koleksi Lutung

Dengan lahirnya bayi lutung tersebut, saat ini Kebun Binatang Bandung memiliki koleksi sebanyak empat ekor lutung. Setiap hari lutung-lutung ini diberi pakan sayur-sayuran, buah buahan dan juga tempe mentah.

"Untuk menambah ekstra feeding untuk anak yang baru lahir, kami juga memberikan sepotong telur rebus", kata Aep.

Mengingat usianya masih satu bulan, bayi lutung Remon  mendapat perhatian lebih, terutama dari induknya. "Kalau induknya sangat menjaga atau protektif pada si anak yang yang berusia sebulan tersebut," ucap Aep.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.