Sukses

Teman Bus dari Kemenhub Siap Layani Perjalanan Warga Palembang Secara Gratis

Kementrian Perhubungan (Kemenhub) menyalurkan 45 unit Teman Bus ke Pemkot Palembang Sumsel.

Liputan6.com, Palembang - Kementrian Perhubungan (Kemenhub) menyalurkan bantuan bus modern ke Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Angkutan yang dinamai Teman Bus ini, merupakan wujud program Buy The Service (BTS) Kemenhub yang bekerjasama dengan PT Transmusi Palembang Jaya.

Penyerahan simbolis dilakukan Kemenhub ke Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo, di rumah dinas (rumdin) di Jalan Tasik Palembang, pada Selasa (2/6/2020) siang.

Kepala Seksi Angkutan Umum Direktorat Angkutan Jalan Kemenhub Hadi Setiabudi mengatakan, ada lima kota yang akan mendapatkan bantuan Teman Bus ini. Yaitu Palembang, Medan, Solo, Yogyakarta dan Denpasar.

“Palembang menjadi kota pertama program BTS Teman Bus, yang merupakan transportasi ekonomis. Untuk tahap awal, akan digratiskan untuk warga Kota Palembang,” ucapnya, Selasa (2/6/2020).

Sebanyak 45 unit bus yang disalurkan, untuk memenuhi tiga koridor perjalanan di Kota Palembang.

Bus yang mampu menampung sebanyak 23 penumpang ini, mempunyai berbagai keunggulan dibandingkan bus modern lainnya. Seperti alat pendeteksi rokok, pengingat pengemudi yang mengantuk dan menggunakan ponsel saat berkendara.

Lalu, pengingat jika ada potensi terjadi tabrakan dan pemantau kecepatan. Teman Bus ini juga, mampu melaju dengan kecepatan maksimal hingga 50 Kilometer per jam.

Ada berbagai pertimbangan sehingga Kemenhub memilih Kota Palembang sebagai penerima bantuan ini. Salah satunya, Kota Palembang dilihat lebih siap dalam sektor infrastruktur dan armadanya.

“Angkutan di Palembang masih dalam batasan masa penggunaan 5 tahun. Jadi Palembang dinilai lebih siap dan yang perdana menerima Teman Bus. Bantuan ini juga akan kita salurkan ke empat kota lainnya,” katanya.

Wako Palembang Harnojoyo menuturkan, Transmusi Palembang Jaya ini masih tetap dibawah naungan PT SP2J, namun menjadi anak perusahaan.

PT SP2J sendiri mengoperasikan ratusan unit Transmusi Palembang, yang sebelumnya sudah beroperasi di Kota Palembang.

 

simak video pilihan berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terapkan Social Distancing

“Kita mengucapkan terima kasih ke Kemenhub atas bantuan ini. Agar kita bisa tetap melayani masyarakat dengan transportasi yang layak, nyaman, aman dan mengedepankan protokol kesehatan,”katanya.

Puluhan unit Teman Bus ini akan beroperasi di tiga rute, yaitu Terminal Alang-Alang Lebar (AAL)-Dempo, Asrama Haji-Terminal Sako dan Plaju-Pasar Induk Jakabaring Palembang.

Teman Bus akan melayani kebutuhan transportasi warga Palembang secara gratis, hingga bulan Desember 2020 mendatang.

“Gratis sampai bulan Desember 2020. Setelah itu akan kita rapatkan lagi. Awalnya kita mengajukan 9 trayek, namun baru diberikan tiga trayek. Semoga kedepannya bisa bertambah,” katanya.

Di masa pandemi Covid-19, layanan Teman Bus juga mengedepankan protokol kesehatan yaitu social distancing. Seperti jumlah penumpang sebanyak 50 persen dari kapasitas, yang diwujudkan dalam bentuk tanda pembatas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.