Sukses

Gubernur Sumsel Pastikan Pasokan Sayur dari Bengkulu Aman Saat New Normal

Jelang penerapan New Normal di Kota Lubuklinggau, Gubernur Sumsel Herman Deru memastikan pasokan sayur mayur dari Bengkulu aman.

Liputan6.com, Palembang - Penerapan New Normal yang akan diterapkan di Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan (Sumsel), akan semakin memperketat kawasan perbatasan ke Bengkulu.

Gubernur Sumsel Herman Deru pun langsung mengecek posko perbatasan Sumsel-Bengkulu, yang berlokasi di Kelurahan Sumatera Selatan-Bengkulu, di Kelurahan Watas Lubuk Durian Kecamatan Lubuklinggau Barat 1 Kota Lubuklinggau, Sabtu (30/5/2020).

Aktivitas pengiriman sayur mayur dari Bengkulu ke Sumsel pun, melewati kawasan perbatasan ini.

Untuk memastikan pasokan sayur mayur aman jelang New Normal, Gubernur Sumsel Herman Deru langsung menghubungi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Percakapan melalui video call tersebut, membahas tentang protokol kesehatan yang telah diterapkan perbatasan antarprovinsi tersebut.

Dia bersama Wali Kota (Wako) Lubuklinggau dan Forkopimda di Sumsel juga menyepakati, agar pertukaran komoditas jangan terhenti saat New Normal.

“Harapan saya, kita sudah sama-sama membuat aturan ini bukan dilonggarkan tapi fleksibel. Jadi sayur mayur dari Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu tetap diterima di sini. Artinya, pertukaran komoditas jangan terhambat,” ucapnya saat berkomunikasi dengan Gubernur Bengkulu.

Sebelum melakukan video call dengan Gubernur Bengkulu, Herman Deru juga beberapa kali sering berdiskusi dengan Rohidin Mersyah.

Salah satunya tentang penjagaan ketat di perbatasan antarprovinsi, untuk memutus rantai penularan Corona Covid-19 di perbatasan.

“Jadi masyarakat Sumsel dan Bengkulu memaklumi ada penjagaan yang begitu ketat. Hal tersebut guna memutus pandemi Covid-19,"ungkapnya.

Kendati penjagaan dengan menerapkan protokol kesehatan di perbatasan Sumsel-Bengkulu yang sangat ketat. Namun dia berharap, langkah penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan cara yang humanis. Agar pertukaran komoditas antarprovinsi tersebut akan terganggu.

Gubernur Sumsel Herman Deru juga mengapresiasi atas kesiapan Kota Lubuklinggau, dalam menghadapi Pandemi Covid19.

Penilaian tersebut dilihatnya dari skema yang dibuat Kota Lubuklinggau, termasuk gugus tugas mulai dari aspek keuangan, distribusi dan kesehatan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salurkan Bantuan APD

Terutama jelang New Normal di Kota Lubuklinggau, Herman Deru meminta untuk merencanakannya secara matang.

“Saya minta untuk direncanakan dengan baik, termasuk tempat-tempat beribadah, transaksi, sekolah, pasar tradisional, restoran dan lainnya," katanya.

Herman Deru juga memberikan bantuan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau, berupa Alat Pelindung Diri (APD), rapid test dan disinfektan.

Wako Lubuklinggau Prana Putra Sohe mengatakan, Kota Lubukliggau terus melakukan upaya dalam penanganan percepatan Covid-19 sehingga dapat terkendali.

"Alhamdulilah setiap bantuan ini berjalan aman dan kita lakukan door to door.Bantuan dilakukan dengan tiga tahap," katanya.

Untuk tahap 1 dan 2, Pemkot Lubuklinggau membagikan sembako, vitamin dan masker. Di tahapan ke 3, mereka melengkapi distribusi sebelumnya, yaitu menyerahkan bantuan ke warga yang tinggal di kos, kontrakan dan Kepala Keluarga (KK).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini