Sukses

Melacak Kontak Satu Keluarga Positif Covid-19 di Indramayu

Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat melakukan pelacakan kontak terhadap satu keluarga di Kabupaten Indramayu.

Liputan6.com, Bandung - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat melacak kontak satu keluarga di Kabupaten Indramayu, yang terdiri dari lima orang terkonfirmasi positif virus Corona.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Jabar, Berli Hamdani mengatakan, penguatan koordinasi dengan Gugus Tugas Kabupaten Indramayu dilakukan guna mempersempit ruang gerak SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19.

"Ada penambahan lima kasus di satu keluarga di Indramayu. Kami berkoordinasi dengan Gugus Tugas Indramayu untuk melaksanakan surveilance, pelacakan kontak, pemeriksaan RDT (rapid diagnostic test) dan tes swab dengan metode PCR (polymerase chain reaction)," kata Berli, Jumat (15/5/2020).

Berli bilang gugus tugas juga terus memantau orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

Sebagai antisipatif keterlambatan hasil tes swab, PDP yang telah diambil spesimennya harus diisolasi dan dipantau secara ketat. Di saat bersamaan, pelacakan orang-orang yang pernah berkontak dengan pasien dilakukan sebagai deteksi dini agar penularan tidak meluas.

"Dilakukan tracing kontak erat untuk deteksi, isolasi, dan pemantauan erat. Akan juga dilakukan rapid test atau tes swab sesuai dengan risiko dan ketersediaan logistik kepada orang-orang yang menjalin kontak dengan PDP. Itu dilakukan agar kasus positif dari transmisi lokal tidak melonjak," ucapnya.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.