Sukses

9 Tenaga Medis di Sulut Terpapar Covid-19

Berdasarkan data yang diperoleh, sudah ada 4 dokter dan 5 tenaga medis yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulut.

Liputan6.com, Manado - Salah satu kelompok rentan terpapar Covid-19 adalah tenaga medis, terutama dokter dan perawat. Berdasarkan data yang diperoleh, sudah ada 4 dokter dan 5 tenaga medis yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulut.

“Kami punya data ada 9 tenaga medis yang terpapar saat melakukan tindakan terhadap pasien,” ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel, Rabu (13/5/2020).

Dia mengatakan, tenaga medis yang terpapar itu bertugas di beberapa fasilitas kesehatan yang ada di Sulut. "Ada juga yang terpapar, tetapi bukan saat melakukan perawatan langsung kepada pasien," ujarnya.

Untuk kondisi terakhir tenaga medis yang terpapar, Dandel mengatakan, ada 2 dokter dan 2 perawat yang sudah dinyatakan sembuh.

"Yang lainnya masih dalam perawatan," dia mengatakan.

Selain tenaga medis, ada 4 karyawan yang bekerja di fasilitas kesehatan juga terpapar Covid-19. Mereka terpapar saat menjalankan tugas di rumah sakit.  

"Elemen di rumah sakit bukan hanya dokter dan perawat, ada juga karyawan lainnya. Mereka masih sementara dirawat," ujar Dandel.

Dandel menyatakan bersyukur karena sampai saat ini tidak ada tenaga medis yang meninggal dunia.  

Meningkatnya jumlah tenaga medis yang terpapar Covid-19 ini terpetakan lewat pola penyebaran yang disusun Gugus Tugas. Bahkan penularan lewat faskes ini menjadi sebuah klaster yang dibagi menjadi 2.

"Ada Klaster J atau Klaster Faskes Manado, yang kita bagi menjadi dua yaitu Faskes A dan Faskes B," dia menandaskan.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.