Sukses

194 TKA Asal China Pulang Kampung dari Ternate Menuju Jakarta

Ratusan TKA ini sebelum naik ke pesawat lebih dulu dilakukan pemeriksaan rapid test untuk mencegah Covid-19.

Liputan6.com, Halmahera Tengah - Sebanyak 194 Tenaga Kerja Asing atau TKA asal China pulang kampung melalui Bandara Sultan Babullah, di Akehuda, Ternate Utara, Rabu hingga Kamis.

Ratusan TKA ini adalah karyawan perusahaan PT Indonesia Weda Bay Industrial Park atau IWIP. Perusahaan tambang nikel ini beroperasi di Desa Sawai, Kabupaten Halmahera Tengah.

Diinformasikan para TKA ini pulang kampung melalui Ternate untuk terbang menuju Jakarta menggunakan maskapai penerbangan Lion Air dari Bandara Sultan Babullah pukul 16.00 WIT.

Muhajir, Koordinator Kantor Kesehatan Bandara Sultan Babullah Ternate, menjelaskan, para TKA ini menuju Jakarta untuk kembali ke China karena masa kontrak di perusahaan PT IWIP berakhir.

"Untuk saat ini direncanakan sebanyak 155 warga negara China yang akan berangkat. (Mereka) sebelum bertolak dilakukan pemeriksaan rapid test. (Hasilnya) semua non reaktif. Sisanya 39 orang berangkat Kamis (14 Mei 2020) juga diperiksa rapid test," kata Muhajir, Rabu 13 Mei 2020.

Menurut Muhajir, dari informasi yang diperoleh, sebelumnya para TKA tersebut sudah melakukan pemeriksaan rapid test di perusahaannya. Namun, tidak disertai surat keterangan sehingga dilakukan pemeriksaan rapid test kembali untuk pencegahan penyebaran corona Covid-19.

"Jadi pemeriksaan rapid test ini sebagai bukti yang lebih kuat lagi, makanya perusahaan siapkan alat rapid test dan kami lakukan pemeriksaan ulang di lokasi bandara," sambung Muhajir.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.