Sukses

Kapal Tanker di Pelabuhan Belawan Terbakar, Petugas Berupaya Menjinakkan Api

Satu unit kapal tanker berukuran besar yang tengah bersadndar di Pelabuhan Belawan, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) terbakar.

Liputan6.com, Medan - Satu unit kapal tanker berukuran besar yang tengah bersadndar di Pelabuhan Belawan, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) terbakar. Kebakaran menghebohkan warga dan para pekerja pelabuhan.

Kepulan asap tebal berwarna hitam pekat menyelimuti lokasi kebakaran. Warga sekitar yang berada di lokasi kebakaran tidak berani mendekat, karena kobaran api terus membesar dan membakar beberapa bagian kapal.

Seorang warga sekitar bernama Azmi mengatakan, mengetahui ada kebakaran salah satu kapal yang sedang bersandar di Pelabuhan Belawan sekitar pukul 08.45 WIB. Saat itu dirinya melihat api telah marak disertai awan hitam tebal.

"Kalau enggak salah iya, jam segitu. Enggak berani kami dekat, apinya besar kali," kata Azmi, yang sehari-harinya berjualan ikan di Gabion Belawan, Senin (11/5/2020).

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) telah menurunkan belasan unit mobil pemadam kebakaran yang saat ini telah berada di lokasi. Selain kendaraan Damkar dari darat, juga tampak kapal Damkar yang berupaya memadamkan api.

Hingga berita ini diturunkan, petugas Damkar terus berupaya memadamkan api yang tengah membakar kapal berukuran besar tersebut. Informasi yang diperoleh, kapal yang terbakar merupakan kapal milik PT. Waruna Nusa Sentana Shipyard.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Evakuasi

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengonfirmasikan, kebakaran terjadi di galangan kapal milik PT. Waruna Nusa Sentana Shipyard Belawan, Medan, Sumut.

"Benar telah terjadi kebakaran kapal MT. JAG LEELA yang sedang melakukan perawatan atau docking di galangan kapal milik PT. Waruna Nusa Sentana Shipyard Belawan, Medan, yang berlokasi dan berjarak kurang lebih 1-2 kilometer dari kantor Distrik Navigasi Kelas I Belawan," jelas Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad.

Menurutnya, proses pemadaman api sedang berlangsung yang dilakukan oleh unsur-unsur maritim seperti Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Syahbandar Utama Belawan, PT. Pelindo I Belawan, Dinas Pemadam Kebakaran Belawan yang mengerahkan 6 unit mobil pemadam, dan Polairud Belawan.

Sementara dari sisi Laut kapal patroli KPLP KN. 5205 sudah berada di sekitar kejadian untuk mengamankan sisi laut dengan jarak sekitar 200 m dari lokasi. Ada 3 kapal terlibat dalam kegiatan pemadaman dari sisi laut. Kapal-kapal tersebut adalah milik Pelindo I dan PT. Waruna.

"Tim SAR masih melakukan pengecekan apakah ada jatuh korban dengan terjadinya musibah kebakaran tersebut. Segera kami update informasinya," tutup Ahmad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.