Bali Diguncang Gempa 4,7 Magnitudo, Getarannya Seperti Truk Melintas

Oleh Dewi Divianta pada 08 Mei 2020, 22:15 WIB
Diperbarui 09 Mei 2020, 06:22 WIB
Ilustrasi gempa bumi
Perbesar
Ilustrasi gempa bumi (Photo: AFP/Frederick Florin)

Liputan6.com, Denpasar - Pulau Bali diguncang gempa bumi 4,7 Magnitudo. Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, M Taufik Gunawan menjelaskan, gempa yang terjadi pada Jumat (8/5/2020) pukul 18.32 Wita terjadi di wilayah Kuta dan Negara.

Dari hasil analisa BMKG, gempa bumi tektonik itu episenter terletak pada koordinat 8,97 LS dan 114,48 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 70 kilometer Barat Daya Jembrana, Bali, pada kedalaman 72 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia," kata Taufik.

Berdasarkan laporan masyarakat, dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di wilayah Kuta III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), serta di Negara II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 19.05 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," tutur dia.

Taufik meminta kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓