Sukses

Semangat Pagi Lawan Covid-19 Bersama UGM dan BIN

UGM dan Badan Intelijen Negara (BIN) bahu membahu melawan pandemi Corona Covid-19.

Liputan6.com, Yogyakarta - Dukungan nyata melawan Corona Covid-19 tampak dari kegiatan di Balairung UGM, Kamis (7/5/2020) pagi. UGM dan Badan Intelijen Negara (BIN) bahu-membahu melawan pandemi melalui alat laboratorium penanganan Corona Covid-19.

Bantuan kemanusiaan itu diserahkan Sekretaris Utama BIN Komjen Pol Bambang Sunarwibowo kepada Rektor UGM Panut Mulyono yang didampingi Direktur Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM Arief Budiyanto. Alat laboratorium itu memang akan dipergunakan di RSA UGM, sebagai salah satu rumah sakit rujukan Corona Covid-19 di Yogyakarta.

"Bantuan BIN ini merupakan wujud dukungan pemerintah kepada lembaga penelitian dan rumah sakit dalam mempercepat proses deteksi Corona Covid-19 pada spesimen klinis," ujar Bambang.

Bantuan yang diberikan BIN kepada UGM meliputi, empat unit RT-PCR 96wheel, DNA/RNA/Protein Quantification, dua unit sterilisator, tiga unit refrigerator, dua unit refrigerated centrifuge, incubator CO2, PCR kit Covid-19, dua unit deep freezer -80C, rapid test, dan peralatan laboratorium lainnya. Dengan bantuan ini, kapasitas uji Covid-19 di RSA UGM bisa meningkat sampai 768 spesimen per hari.

Ia berharap bantuan ini juga bisa mendukung peneliti untuk menghasilkan vaksin Covid-19 dan antivirus lainnya yang dibutuhkan masyarakat.

Panut Mulyono menuturkan bantuan ini sangat dibutuhkan oleh tenaga peneliti UGM agar dapat lebih maksimal dalam menangani Corona Covid-19, termasuk mendukung penelitian dalam pembuatan obat.

"Semakin canggih dan cepat alat yang dimiliki untuk deteksi, maka akan semakin cepat pula penanganan dan kesempatan pasien untuk sembuh, sehingga pandemi Corona Covid-19 bisa diberantas lebih cepat," ucap Rektor UGM.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.