Sukses

Update Covid-19 di Sulut: 5 Hari Berturut-turut Tanpa Kasus Positif

Dari 45 kasus itu, 17 dinyatakan sembuh, 4 meninggal dunia, dan 24 masih dalam perawatan.

Liputan6.com, Manado - Laju pertambahan kasus positif Covid-19 di Sulut tertahan pada angka 45. Kondisi ini sudah berlangsung sejak, Jumat (1/5/2020) lalu.

"Hari ini tidak ada pertambahan kasus positif, sehingga jumlahnya masih tetap di angka 45,” ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut Steaven Dandel, Selasa (5/5/2020).  

Dengan demikian sudah selama 5 hari terakhir tidak ada pertumbahan jumlah kasus positif. Dari 45 kasus itu, 17 dinyatakan sembuh, 4 meninggal dunia, dan 24 masih dalam perawatan.

"Kita berharap kurva pertumbuhan kasus bisa melambat, bahkan berhenti," ujarnya.

Dandel mengatakan, sebelumnya salah satu penyebab tertahannya jumlah kasus positif karena masih menunggu hasil uji lab di Makassar. Namun sejak beroperasinya Lab PCR Covid-19 di Manado, pihaknya sudah bisa dengan cepat mendapatkan hasil swab test.

"Hari ini kita sudah mendapatkan hasil dari 70 sampel yang dites. Hasilnya ada 5 positif," ungkapnya.

Menurutnya, hasil 5 positif itu bukan kasus baru melainkan pemeriksaan lanjutan dari pasien yang sebelumnya terkonfirmasi positif.

"Jadi ada yang menjalani tes kedua, atau tes berikutnya yang hasilnya masih positif," ujarnya.

Untuk jumlah total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 yang tengah dirawat sebanyak 99 orang, dan terdapat 136 Orang Dalam Pemantauan atau ODP.

"Untuk PDP tidak ada yang meninggal dunia pada hari ini," ungkapnya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.