Sukses

Hoaks Penampakan Hantu Terekam CCTV di RS Covid-19 Pulau Galang

Sejumlah warganet di Batam beranggapan lokasi tersebut berada di RS Khusus Covid-19 Pulau Galang. Mereka mengait-ngaitkan hal tersebut dengan kejadian mistis.

Batam - Beberapa hari ini warga Batam dihebohkan dengan sebuah video viral yang diduga di RS Khusus Covid-19 di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. CCTV itu merekam penampakan hantu di ruang isolasi pasien Corona.

Batamnews berupaya menelusuri. Hasilnya diduga video tersebut adalah hoaks. Selain itu dari analisis video, penampakan yang semula diduga hantu tersebut adalah sebuah serangga sejenis lalat yang tengah berjalan di permukaan kamera CCTV.

Kepala RS Khusus Covid-19, Galang Kol (CKM) Dr. dr. Khairul Ihsan Nasution juga membantah, lokasi tersebut berada di RS Khusus Covid-19 di Pulau Galang. Ia menyatakan informasi yang beredar tersebut tidak benar alias hoaks.

"Bukan, bukan. Nggak ada itu," ujar kolonel yang biasa disapa Ihsan ini, dikutip Batamnews.co.id.

Selain itu, yang lebih menguatkan kalau video tersebut adalah hoaks, dari rekaman CCTV tersebut bertanggal 1 Januari 2020. Sedangkan RS Galang baru beroperasi pada awal April lalu. RS Galang diresmikan Presiden Joko Widodo pada tanggal 5 April 2020 lalu.

 

Dapatkan berita menarik Batamnews.co.id lainnya, di sini:

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kuburan Pengungsi Vietnam

Menurut Kolonel Ihsan, rumah sakit di Pulau Galang sengaja dikait-kaitkan karena terdapatnya kuburan para pengungsi Camp Vietnam yang sudah berusia puluhan tahun.

"Kita kecipratan aja, mentang-mentang ada kuburan Vietnam di sini," ujar Ihsan.

Menurut Ihsan, rumah sakit khusus Covid-19 tersebut berjalan dengan normal. Tidak pernah ada penampakan hantu. "Pada intinya itu bukan rumah sakit Galang, di sini aman-aman aja," ujar Ihsan.

Sejumlah warganet di Batam beranggapan lokasi tersebut berada di RS Khusus Covid-19 Pulau Galang. Mereka mengait-ngaitkan hal tersebut dengan kejadian mistis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.