Sukses

Cerita Petugas Evakuasi Puluhan Makam TPU Cikutra Bandung yang Terkikis Longsor

Sedikitnya 37 makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Wilayah III Cikutra tergerus longsor akibat hujan lebat Jumat (1/5/2020) malam.

Liputan6.com, Bandung Sedikitnya 37 makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Wilayah III Cikutra, Kota Bandung, tergerus longsor akibat hujan lebat Jumat (1/5/2020) malam. Petugas telah mengevakuasi sebagian besar makam pada Sabtu pagi.

Camat Cibeunying Kaler Suardi menuturkan, makam yang longsor terjadi di tiga wilayah. Yaitu blok E, blok F, dan di tanah wakaf seberang blok F. Ketiga lokasi tersebut berbatasan langsung dengan Sungai Cidurian yang sebelumnya juga pernah mengalami longsor.

“Di blok E ada 12 makam yang longsor, dan sudah bisa dievakuasi dan dimakamkan kembali. Di blok itu ada 15 makam lagi yang rawan tergerus juga. Itu juga akan diperbaiki,” kata Suardi, Sabtu (2/5/2020).

Selain itu, ada empat makam di blok F yang tergerus, namun tidak sampai longsor, hanya rusak pada kirmirnya. Petugas pun sudah memindahkan makam-makam di lokasi tersebut.

“Ada satu lagi tanah yang seberang blok F. Ini tanah wakaf makam keluarga. Ada empat yang tergerus, sudah dipindahkan. Ada satu yang masih belum ditemukan karena terkubur tanah longsor,” ujar Suardi.

Pihak keluarga jenazah sempat berdatangan untuk menengok proses evakuasi makam. Namun sebagian jenazah tidak dikenali jasadnya karena batu nisan ikut hanyut terbawa arus sungai.

“Kepada keluarga yang jenazahnya dimakamkan di sekitar bantaran Sungai Cidurian, mohon untuk sering-sering melihat. Apalagi yang sejajar atau di atas bantaran kali, khususnya blok E dan blok F,” ucapnya.

Saat ini, Suardi masih menunggu dinas teknis untuk memperbaiki kirmir yang rusak akibat longsor.

“Kabarnya dinas teknis sedang proses perbaikan dulu di tempat lain, karena kemarin hujannya sangat lebat jadi banyak titik pula yang perlu perhatian,” tuturnya.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.