Sukses

Pesan Istri Mendiang Bupati Morut Usai Sembuh Covid-19

Kabar baik dari 8 PDP Posiif Covid-19 klaster Morowali Utara (Morut). Semua PDP itu dinyatakan sembuh, termasuk istri dan anak-anak mendiang Bupati Morut yang tengah menjalani rawat dan isolasi di Makassar.

Liputan6.com, Morut - Kabar baik dari delapan PDP Positif Covid-19 klaster Morowali Utara (Morut). Semua pasien itu dinyatakan sembuh, termasuk istri dan anak-anak mendiang Bupati Morut yang tengah menjalani rawat dan isolasi di Makassar.

Sembuhnya delapan orang yang merupakan rombongan pengantar mendiang Bupati Morut saat berobat di Makasaar itu dipastikan setelah hasil pemeriksaan swab lanjutan terhadap mereka dua kali berturut-turut menyatakan negatif.

“Pasien positif Covid-19 asal Morut yang menjalani isolasi mandiri di Makassar sudah sembuh semua. Kemarin lima yang dinyatakan sembuh dan hari Jumat (1/5/2020) ada tiga lagi yang juga sembuh,”  kata juru bicara Pusdatina Covid-19 Sulteng, Haris Kariming, Jumat (1/5/2020).

Diantara delapan pasien sembuh itu terdapat istri mendiang Bupati Morut, Liliana Tumimomor beserta dua orang anaknya yang sebelumnya juga dinyatakan positif Covid-19 pada 8 April lalu. Sedangkan lima orang lainnya merupakan kerabat dan pejabat Pemkab Morut.

Hasil positif itu pula yang membuat mereka urung pulang ke Morut pascameninggalnya mendiang Bupati, Aptripel Tumimomor karena Covid-19 pada 2 April lalu. Selama 24 hari mereka menjalani perawatan dan isolasi mandiri di Kota Makassar dengan pengawasan tim dokter setempat sebelum akhirnya dinyatakan sembuh.

Liliana Tumimomor sendiri sejak dinyatakan positif telah mengumumkan statusnya ke publik agar masyarakat di Morut melakukan upaya pencegahan dan menuruti semua imbauan pemerintah untuk memutus penyebaran virus tersebut.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan dari Kesembuhan Liliana

Sama seperti yang dilakukannya saat dinyatakan positif Covid-19. Setelah dinyatakan sembuh, Liliana Tumimomor juga memberikan pesan melalui video yang dibagikannya dari Kota Makassar kepada jurnalis di Sulawesi Tengah pada Jumat (1/5/2020) malam.

Dalam berdurasi tiga menit lebih itu, Liliana menyatakan bahwa kesembuhannya bersama tujuh PDP lainnya asal Morut adalah buah dari kepatuhannya terhadap semua prosedur pengobatan dan pencegahan yang telah ditetapkan pemerintah, termasuk ketentuan untuk isolasi diri di Makassar, bukan di Morowali Utara.

Liliana juga menyampaikan terima kasihnya kepada tim dokter yang telah merawat mereka dengan intens, Pemda Kota Makassar, serta Pemkab dan Masyarakat Morut yang telah memberikan dukungan untuk kesembuhan mereka.  

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami di masa sulit. Kami banyak mendapat dukungan termasuk Pemkot Makassar serta dari Pemkab Morut. Juga para derwawan dan masyarakat Morut yang terus mendoakan kami,” kata Liliana, Jumat (1/4/2020) malam.

Dalam video itu juga Liliana kembali mengingatkan dan berpesan kepada masyarakat khususnya di Morowali utara untuk tidak menganggap orang-orang yang positif Covid-19 sebagai aib. Tapi sebaliknya, harus diberi dukungan dan bantuan apapun kepada mereka untuk menghadapi kesulitannya.

“Saya berpesan, mari kita terus menopang saudara-saudara kita yang dinyatakan positif. Sekali lagi saya tekankan Covid-19 bukanlah aib, melainkan penyakit yang bisa disembuhkan sama seperti yang kami alami,” Liliana berpesan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.