Sukses

Dua Beruang Kabur dari WRC Bikin Heboh Warga Kulon Progo

Saat menjelang buka puasa dua beruang terlepas dari Wild Rescue Center di Kulon Progo. Satu beruang dapat diamankan sebelum buka puasa, sementara satu beruang lagi baru bisa diamankan pada tengah malam.

Liputan6.com, Yogyakarta Selepas buka puasa warga Kulon Progo dikejutkan dengan informasi dua beruang terlepas dari Wild Rescue Center Kulonprogo. Kabar yang beredar lewat grup Whatsapp ini tentu membuat heboh warga. 

Sujarwo Koordinator Perawat Satwa WRC mengatakan dua beruang terlepas itu sudah diamankan dan dikembalikan ke kadang. Beruang betina terlebih dahulu ditangkap, sedangkan yang jantan ditangkap pada malam hari.

"Sampun (sudah) semua. Yang malam itu jam 22 lebih berapa gitu," katanya Kamis (30/4/2020). 

Sujarwo mengatakan dua beruang terlepas itu dalam kondisi baik. Setelah penangkapan beruang jantan langsung dievakuasi ke WRC.

"Sudah di luar (WRC) sekitar 20 meter pas sembunyi dekat tapi pas pembiusan itu dia jalan sampai 200 meter dekat warga," katanya.

Ia mengaku proses evakuasi dua beruang terlepas itu dibantu warga sekitar. Ia berterima kasih adanya kepedulian warga ikut menjaga satwa.

"Dua beruang terlepas itu dari penyitaan. Satu berumur 7 dan satunya 9. Yang 9 yang jantan," katanya. 

Sujarwo mengatakan jika dua beruang terlepas itu karena kondisi penguncian kandang yang tidak sempurna, sehingga beruang itu dapat lari dari kandangnya.

"Keeper sudah biasa kasih makan tapi ketika menutup ada yang loss di penguncian. Ya intinya ada yang missed di penguncian ya mungkin tergesa-gesa," katanya soal dua beruang terlepas kemarin.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Berantai Beruang Terlepas

Info adanya beruang lepas ini sempat membuat panik warga. Informasi ini beredar melalui jejaring sosial. Berikut isi pesan berantai itu:

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.. 

Selamat Malam. Mohon maaf, diinformasikan kepada masyarakat Kulon Progo, khususnya daerah Pengasih, Nanggulan, Sentolo dan sekitarnya.Pada hari ini -+ pukul 18.00 WIB

salah satu satwa rehabilitasi Wildlife Rescue Centre Jogja (ex. PPSJ) terlepas dari kandang, yaitu *Satu Ekor Beruang Madu/ _Sunbear_* dan proses pencarian sedang dilakukan..

Diharapkan kepada seluruh masyarakat Kulon Progo agar tetap tenang dan berhati-hati.

*Apabila melihat satwa tersebut tindakan yang dapat dilakukan yaitu menjauh dan pastikan berada pada posisi yang aman kemudian segera  hubungi pihak terkait - WRC Jogja* pada kontak berikut :

085228552957 Sujarwo

08562930488 Tomi

Mohon bantu share. Terima kasih. Salam Lestari.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..-WRC Jogja-

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.