Sukses

Pulang dari Magetan, Seorang Santri Riau Positif Virus Corona Covid-19

Dinas Kesehatan Provinsi Riau masih melakukan tracing untuk menelusuri kemungkinan terbentuknya klaster penyebaran yang baru.

Liputan6.com, Pekanbaru - Seorang santri Riau yang pulang dari Magetan terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19).  

Juru Bicara COVID-19 Riau  Indra Yovi, Rabu (29/4/2020) mengatakan, santri tersebutberinisial SAR (19), warga Kabupaten Indragiri Hilir, dan sudah dirawat isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir.

Ia mengatakan SAR adalah santri yang baru saja pulang dari daerah terjangkit, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur.

"Pasien SAR merupakan santri yang bersekolah di Magetan dan pulang ke Riau pada tanggal 12 April 2020," katanya.

Menurut dia, santri tersebut tidak ada hubungannya dengan pemulangan sebanyak 250 santri, dari pulau Jawa pada awal bulan April lalu ke Riau. Pasien tersebut diduga ada kontak erat dengan salah satu santri positif Covid-19 di Pondok Pesantren Al Fatah Temboro, Jawa Timur.

"Santri ini, berbeda dengan pemulangan santri yang lalu, itu beda. Tetapi pasien yang baru ini pulang dari Magetan, 12 April lalu dan ada kontak bersama santri Pesantren Al Fatah Jawa Timur," katanya.

Untuk menelusuri kemungkinan terbentuknya klaster baru di Inhil, Dinas Kesehatan Provinsi Riau akan melakukan pelacakan (tracing) kontak dari pasien SAR.

Dengan penambahan tersebut, ia mengatakan hingga Rabu ini di Provinsi Riau total terdapat 41 kasus positif. Rinciannya 23 dirawat, 14 sehat dan sudah dipulangkan, serta empat orang meninggal dunia.

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) 249 orang yang masih dirawat dan 82 orang telah meninggal dunia. Jumlah PDP yang terkonfirmasi negatif Covid-19 ada 285 orang dan sudah dipulangkan. Sementara itu, masih ada 13.384 orang dalam pemantauan (ODP) di Riau.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.