Sukses

Masjid Sepi karena Corona, Kotak Amal Raib Digondol Maling

Astimi, seorang saksi mata mengatakan, pencurian itu terjadi saat beberapa jemaah menjalankan salat subuh.

Liputan6.com, Tuban - Aksi pencurian kotak amal terjadi di Masjid Nurul Amal Singosari, Lingkungan Widengan, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Kejadian itu terekam CCTV masjid dan memang kondisi masjid dalam keadaan sepi.

Astimi, seorang saksi mata mengatakan, pencurian itu terjadi saat para jemaah menjalankan salat subuh. Saat itu kunci motor kendaraan milik Astimi sempat ditaruh di atas kotak amal tersebut.

"Pas saya sudah mau niat salat, keponakan saya memanggil bilang kalau kotak amal masjid tidak ada," katanya kepada Liputan6.com, Selasa (28/4/2020).

Usai salat, para jemaah mengecek kebenaran kabar tersebut.

"Kalau isinya tidak tahu, tapi kalau harga kotak amalnya sendiri itu sekitar Rp200 ribu," ungkap Ketua Takmir Masjid Nurul Amal, Achmad.

Achmad mengatakan, mengenai kotak amal yang hilang tersebut terakhir dibuka pihak takmir masjid setempat pada awal puasa Ramadan kemarin.

Menyadari kotak amal itu hilang, kemudian pengurus masjid membuka ulang rekaman dari CCTV yang ada. Tampak ada orang mondar-mandir sedang mengawasi kondisi sekitar masjid. Selang waktu sekitar sepuluh menit kemudian, akhirnya pelaku berhasil menggasak kotak amal itu.

"Terlihat jelas ada seseorang masuk ke dalam masjid kemudian keluar dengan memboncengkan kotak amal," ujar dia.

Pencuri kotak amal diketahui seorang laki-laki bertubuh besar, menggunakan sepeda motor Beat warna hitam dan hanya terlihat sendirian.

Mengetahui kotal amal masjid tersebut hilang, kemudian sejumlah warga akhirnya melaporkan kejadian itu kepada pihak kepolisian jajaran Polres Tuban.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Kantongi Identitas Pelaku

Kasat reskrim Polres Tuban, AKP Yoan Septi Hendri mengaku, telah mengantongi identitas pelaku pencuri kotak amal Masjid Nurul Amal Singosari, Tuban.

"Ya Mas, dalam waktu dekat ini Insyaalloh terungkap. Data sudah kita punya," kata Yoan kepada Liputan6.com, Selasa malam (28/4/2020).

Yoan mengatakan, pencurian kotak amal di Kabupaten Tuban kerap terjadi. Sebelumnya peristiwa yang sama juga terjadi di Komplek Makam Sunan Gesing, Desa Geseng dan Sunan Bejagung, Desa Bejagung kecamatan setempat.

"Kemungkinan besar pelakunya orang yang sama dan penyelidikan kami mengarah ke dia," tutur Yoan.

Yoan mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada. Terlebih di tengah pandemi virus Corona saat ini memungkinkan segala sesuatu bisa terjadi.

"Banyak faktornya, intinya tetap waspada dan awas dengan situasi yang seperti ini," katanya menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.