Sukses

Pemuda Medan yang Tenggelam di Danau Toba Ditemukan Meninggal Dunia

Seorang pemuda asal Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) yang tenggelam di Danau Toba saat berenang dengan teman-temannya akhirnya ditemukan.

Liputan6.com, Samosir - Seorang pemuda asal Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) yang tenggelam di Danau Toba saat berenang dengan teman-temannya akhirnya ditemukan. Pemuda bernama Candra Nuary Kasih Simbolon ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Humas Kantor SAR Medan, Hisar Turnip mengatakan, penemuan jasad pemuda berusia 19 tahun itu berada tidak jauh dari lokasi pertama kali dikabarkan tenggelam. Penemuannya sekitar 70 meter dari tepi pantai.

"Hasil operasi hari kedua, korban ditemukan meninggal dunia pukul 09.30 WIB tadi," kata Hisar, Selasa (28/4/2020).

Pasca-penemuan, jasad korban selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit (RSU) Pangururan, Kabupaten Samosir, untuk dilakukan pemeriksaan medis atau autopsi. Jasad korban ditemukan oleh Tim Rescue Pos SAR Danau Toba dan Potensi SAR.

"Operasi SAR ditutup dengan ditemukannya korban," ujarnya.

Korban atas nama Candra Nuary Kasih Simbolon merupakan warga Jalan Air Bersih Ujung, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan. Korban tenggelam di Danau Toba saat sedang mandi sambil berenang bersama teman-temannya.

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Laporan Pelaku Usaha Wisata

Hisar menuturkan, sebelum tenggelam, Candra diketahui sudah seminggu berada di kawasan Danau Toba bersama 2 temannya, Yose Naibaho dan Pahu Ala Situmeang yang juga warga Medan.

Kabar tenggelamnya korban pertama kali dilaporkan pelaku usaha wisata setempat, Senin, 27 April 2020.

Lokasi tenggelamnya korban di perairan dekat Pantai Parbaba, Danau Toba, tepatnya di depan Raja Hotel, Desa Siopat Sosor, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.

Laporan itu awalnya disampaikan kepada Camat Pangururan dan diteruskan kepada Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Samosir, serta Koordinator Pos SAR Danau Toba.

"Tim penyelamat dan pertolongan dikerahkan untuk mencari korban. Korban dilaporkan tenggelam sekitar pukul 12.20 WIB," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.