Sukses

Jadwal UTBK SBMPTN Unimed Turut Terdampak Pandemi COVID-19

Pandemi virus Corona COVID-19 yang melanda Indonesia menyebabkan beberapa kegiatan mengalami kemunduran jadwal.

Liputan6.com, Medan - Pandemi virus Corona COVID-19 yang melanda Indonesia menyebabkan beberapa kegiatan mengalami kemunduran jadwal. Hal ini turut berpengaruh terhadap jadwal pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Pelaksanaan UTBK Universitas Negeri Medan (Unimed).

Rektor Unimed, Syamsul Gultom mengatakan, setiap calon mahasiswa yang telah memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin guna mengikuti pelaksanaan UTBK.

"Siswa harus belajar sungguh-sungguh selama di rumah, karena pemerintah telah memberikan kelonggaran waktu untuk mempersiapkan diri agar dapat lolos UTBK, sehingga nantinya siswa dapat diterima di kampus yang ditujunya," kata Syamsul, Senin (27/4/2020).

Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) nantinya akan dilakukan pada 25 Juli 2020. Materi tes UTBK yang diujikan merupakan Tes Potensi Skolastik (TPS) dan setiap peserta hanya diizinkan mengambil tes sebanyak satu kali.

"Peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN serta program studi tujuan," ujarnya.

Bagi peserta pemilik nomor pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tidak dikenakan biaya pendaftaran untuk mengikuti UTBK.

Peserta non-KIP Kuliah yang akan mengikuti UTBK dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp200.000 untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, dan Rp300.000 untuk kelompok ujian campuran.

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT

Sebelumnya LTMPT mengumumkan jadwal terbaru pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) melalui Surat Edaran dengan nomor 11/SE.LTMPT/2020 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020.

Isi dari surat edaran tersebut adalah, memperhatikan situasi nasional berkenaan dengan pandemi COVID-19, dan Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor 09/SE.LTMPT/2020 tentang Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020 yang dilakukan penundaan, maka pendaftaran UTBK dan pelaksanaan UTBK akan tetap dilaksanakan.

Perubahan pelaksanaan UTBK yang tertuang dalam Surat Edaran ini adalah sebagai berikut:

1. Materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS).

2. Setiap peserta hanya diijinkan maksimal mengambil 1 (satu) kali tes.

3. Pelaksanaan tes dilaksanakan dalam 4 (empat) sesi setiap hari.

4. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali/bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan Program Studi tujuan.

5. Jadwal Kegiatan UTBK-SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut:

•Pendaftaran UTBK dan SBMPTN mulai tanggal 2 sampai 20 Juni 2020

•Pelaksanaan UTBK mulai tanggal 5 sampai 12 Juli 2020

•Pengumuman SBMPTN tanggal 25 Juli 2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.