Sukses

Bocah 7 Tahun di Jambi Positif Corona Covid-19 Tertular Pasien Klaster Gowa

Per 24 April 2020 pasien positif Covid-19 Jambi bertambah 4 orang. Dari tambahan ini dua pasien di antaranya merupakan anak berusia 7 tahun dan 15 tahun asal Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi.

Liputan6.com, Jambi - Pasien terkonfirmasi positif corona Covid-19 di Provinsi Jambi bertambah 4 orang orang pada Jumat (24/4/2020). Dari 4 pasien tersebut, dua diantaranya merupakan bocah berusia 7 tahun dan 16 tahun yang saat ini dirawat di Rumah Sakit Surya Khairudin Merlung, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Jambi Johansyah mengatakan, 4 tambahan pasien kasus positif corona Covid-19 itu antara lain 3 orang berasal dari Kabupaten Tanjungjabung Barat dan 1 orang dari Kota Jambi. Dengan tambahan itu, saat ini total pasien yang terkonfirmasi positif berjumlah 18 orang.

Dia mengemukakan pasien 15 yang berasal dari Kota Jambi adalah seorang laki-laki berusia 18 tahun yang saat ini dirawat RSUD Raden Mattaher Jambi. Pasien 15 sebelumnya memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta dan transit di Bandara Palembang.

Kemudian untuk pasien yang berasal dari Kabupaten Tanjungjabung Barat, yakni pasien 16 yang merupakan seorang perempuan berusia 15 tahun, dan pasien 17 seorang perempuan 38 tahun serta pasien 18 berusia 7 tahun.

"Yang 3 orang dari Tanjab Barat ini, dua orang masih anak-anak, mereka mempunyai kontak erat dengan pasien 06 yang terkait dengan klaster Gowa, pasien 06 ini sekarang masih dirawat di RSUD Abdul Manap Kota Jambi," kata Johansyah lewat video konferensi.

Hingga saat ini pasien terkonfirmasi positif yang berasal dari klaster Gowa berjumlah 10 orang di Provinsi Jambi. Dari 10 orang itu, di antaranya 7 orang dirawat di Kota Jambi dan 3 orang lainnya di rawat di Kabupaten Tanjungjabung Barat.

Bertambahnya pasien positif Corona Covid-19 dari klaster Gowa ini bermula dari pasien 06 pada Rabu (15/4/2020). Pasien 06 ini merupakan pasien pertama yang dinyatakan positif dari klaster Gowa di Provinsi Jambi.

Berdasarkan riwayat pasien 06 ini, kemudian pemerintah melakukan contact tracing kepada warga yang pernah kontak dengan pasien. Lantas dari situlah didapatkan pasien positif lainnya yang diketahui memiliki kontak erat dengan pasien 06.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sekda Kabupaten Tebo Sembuh dari Covid-19

Sebelumnya Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jambi mengonfirmasi pasien positif pertama yang berasal dari Kabupaten Tebo dinyatakan sembuh. Sembuhnya pasien ini diketahu setelah dua kali hasil uji seka dinyatakan negatif.

Pasien positif pertama dan sembuh pertama ini merupakan Sekda Kabupaten Tebo, TA. Kondisinya telah pulih dan ia kini telah dipulangkan ke rumahnya dan diminta melakukan isolasi mandiri.

Dokter penanggungjawab pasien Covid-19 Jambi dr Meidianto mengatakan, meski pasien 01 dinyatakan sembuh dan dibolehkan pulang, tetapi ia tetap meminta yang bersangkutan tetap disarankan menjaga kesehatan.

"Sebaiknya harus mengurangi interaksi dulu tidak langsung banyak beraktivitas di luar rumah," kata dr Meidianto dalam konferensi pers bersama tim gugus tugas, Senin (20/4/2020).

Hingga saat ini total pasien dalam pengawasan (PDP) berdasarkan update data Gugus Tugas Covid-19 di Provinsi Jambi berjumlah 53 orang dan 35 pasien masih menunggu hasil uji swab. Sedangkan, untuk pasien positif terkonfrimasi berjumlah 18 orang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.