Sukses

Daops 3 Cirebon Operasikan Satu Kereta Api Imbas Larangan Mudik Lebaran

Suasana stasiun di wilayah Daops 3 Cirebon mulai terlihat sepi dari aktivitas penumpang yang setiap harinya datang dan pergi ke Cirebon.

Liputan6.com, Cirebon - Kebijakan Pemerintah melarang warga mudik lebaran ke kampung halaman bedampak kepada jadwal pemberangkatan kereta api khususnya di Daops 3 Cirebon.

Manajemen Daops 3 Cirebon menyatakan telah membatalkan seluruh perjalanan kereta api yang berangkat dari wilayahnya. Tercatat terdapat 133 perjalanan kereta api penumpang yang berangkat dari Daops 3 Cirebon dibatalkan.

"Kalau kereta api barang masih dan beberapa petugas kami ada yang work from home juga. Pembatalan merespon kebijakan pemerintah yang melarang mudik," ujar Manajer Humas Daops 3 Cirebon Luqman Arif, Kamis (23/4/2020).

Dia menyebutkan, wilayah Daops 3 sudah membatalkan perjalanan kereta api sejak 23 Maret 2020. Mereka tengah melayani proses pengembalian tiket mudik.

Luqman menyebutkan, sejak 1 Maret sampai dengan 22 April 2020 sudah 17.129 tiket penumpang dibatalkan. Dia mengaku, PT KAI selalu mengikuti perkembangan kebijakan pemerintah imbas dari covid-19.

"Mulai dari penerapan physical distancing pembatalan beberapa perjalan menuju Jakarta hingga akhirnya 133 perjalan dari Daops 3 Cirebon dibatalkan semua," ujar Luqman.

Dia menjelaskan, penumpang kereta api yang batal berangkat akan dikembalikan tiket 100 persen. Penumpang akan dihubungi melalui kontak pusat KAI 121 dan diarahkan mengikuti petunjuk selanjutnya.

Jika belum dihubungi kontak senter 121, Luqman mengimbau agar penumpang membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI Access dan loket stasiun.

"Tapi ada satu relasi yang masih beroperasi dari Daops 3 Cirebon yaitu kereta api Ranggajati tujuan Cirebon ke Jember," sebut Luqman.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal Kereta Api Ranggajati

Dia menyebutkan, pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan maksimal 3 jam sebelum keberangkatan. Kemudian, uang akan ditransfer paling lambat 45 hari ke depan.

Untuk pembatalan di loket stasiun dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh dan Lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai.

Luqman mengaku kebijakan pembatalan tiket kereta api tersebut akan terus dilakukan evaluasi. Seiring dengan perkembangan kondisi pandemi covid-19 di Indonesia.

"Kami sendiri memohon maaf atas ketidaknyamannya dan hanya satu relasi yang masih beroperasi dari Daops 3 Cirebon," ujar dia.

Berikut Jadwal perjalan Kereta Api Ranggajati Relasi Cirebon - Jember:

Jadwal Perjalanan KA Ranggajati relasi Cirebon-Jember :

Stasiun Cirebon berangkat 05.35 WIB

Stasiun Ciledug berangkat 06.05 WIB

Stasiun Ketanggungan berangkat 06.21 WIB

Stasiun Purwokerto tiba 07.46 WIB

Stasiun Yogyakarta tiba 10.55 WIB

Stasiun Solo Balapan tiba 12.04 WIB

Stasiun Madiun tiba 13.37 WIB

Stasiun Surabaya Gubeng tiba 16.45 WIB

Stasiun Jember tiba 21.27 WIB

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.