Sukses

Uji Seka 4 PDP Negatif, Asmat Nyatakan Bebas COVID-19

Asmat menjadi salah satu kabupaten di wilayah adat Animha yang bebas COVID-19

Liputan6.com, Jayapura - Sukacita terjadi di Asmat, kala hasil uji seka 4 orang pasien dalam pengawasan (PDP) dinyatakan negatif COVID-19.  Kabar ini diumumkan oleh Bupati Asmat, Elisa Kambu.

Ia menyebutkan hasil uji seka yang diperiksa di Laboratorium Balitbangkes Provinsi Papua di Jayapura, membuat Asmat bersih dari COVID-19. Jadi selain dilakukan test terhadap 4 orang PDP, juga dilakukan tes kepada 11 orang yang melakukan kontak langsung, keluarga dari PDP.

"Kami bersyukur kecemasan dalam beberapa minggu ini, memulihkan kembali masyarakat Asmat akan ketakutan virus mematikan. Puji Tuhan, mereka semua dinyatakan negatif dalam hasil pemeriksaan yang dilakukan dua kali,” kata Bupati Elisa, Rabu (22/4/2020).

Dengan bersihnya Asmat dari corona, pemkab setempat masih menutup seluruh pintu masuk ke Asmat hingga dua minggu ke depan.

Asmat menjadi satu-satunya kabupaten di wilayah adat Animha yang bebas dari corona. Tiga kabupaten lainnya di Animha yakni Merauke, Boven Digoel dan Mappi memiliki kasus corona yang cukup tinggi dari 29 kabupaten/kota di Papua

Untuk menuju dari dan ke Asmat hanya dapat dilakukan dengan penerbangan pesawat berbadan kecil atau dengan melewati transportasi laut melalui Timika atau Merauke. 

Bupati meminta masyarakat di kota yang dijuluki negeri seribu papan ini tetap berada di rumah, jauhi kerumunan dan menjalankan imbauan pemerintah.

Untuk mengantisipasi corona, Pemkab Asmat juga membagikan 40 ribu masker di 224 kampung yang tersebar di 24 distrik. Masker akan dibagikan secara bertahap, bekerjasama dengan 17 puskesmas dan Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana).

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.