Sukses

9 WNA Asal India di Yogyakarta Positif Corona Covid-19, Ini Kronologinya

Sebanyak sembilan warga negara asing (WNA) asal India di Yogyakarta terkonfirmasi positif Corona Covid-19.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebanyak sembilan Warga Negara Asing (WNA) asal India di Yogyakarta terkonfirmasi positif Corona Covid-19. Riwayat kontak dengan warga di seputaran Karangwuni, Sleman, membuat lima orang warga setempat dinyatakan positif dan diisolasi.

Kejadian itu bermula ketika 15 WNA asal India menginap di Masjid Karangwuni, Jalan Kaliurang Sleman. Mereka berdakwah dan tinggal di masjid itu sejak satu bulan lalu. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman pun meminta mereka untuk melakukan rapid test.

Mereka diperiksa di RSA UGM. Setelah hasil pemeriksaan keluar, sembilan orang yang positif Corona pun dirujuk ke RSAU Hardjolukito. Sementara enam WNA asal India yang hasil tesnya negatif kembali transit ke masjid di Karangwuni, Sleman sembari menunggu tempat di Yogyakarta siap ditempati.

Para WNA asal India itu diketahui berasal dari Jakarta. Mereka menjadi peserta Jamaah Tabligh Akbar di Jakarta. Lalu, mereka melakukan perjalanan ke Yogyakarta.

"Paspor mereka sudah habis pertengahan Maret lalu, namun karena ada lockdown di negara asalnya, mereka tidak bisa pulang, sesuai dengan ketentuan dikeluarkan perpanjangan sampai kondusif dan bisa pulang," ujar Biworo Yuswantono, Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, Rabu (22/4/2020).

Biworo juga belum bisa memastikan apakah para WNA asal India positif Corona Covid-19 di Yogyakarta itu berkaitan dengan kegiatan ijtima ulama di Gowa, Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.