Pasien Positif Corona COVID-19 Sembuh di Sumut Sudah 21 Orang

Oleh Reza Efendi pada 21 Apr 2020, 19:45 WIB
Diperbarui 21 Apr 2020, 22:55 WIB
Tenaga medis di Rumah Sakit Martha Friska

Liputan6.com, Medan - Di tengah pandemi virus Corona COVID-19 yang terus melanda berbagai negara di dunia, kabar baik kembali datang dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kali ini sudah 21 pasien positif virus Corona COVID-19 dinyatakan sembuh.

Juru Bicara (Jubir) Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, Aris Yudhariansyah mengatakan, terbaru ada 8 pasien positif virus Corona COVID-19 dinyatakan sembuh dan sudah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

"Hari ini banyak pasien sembuh di Sumut," kata Aris, Selasa (21/4/2020).

Diungkapkan Aris, delapan pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Martha Friska Multatuli, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Kota Medan, dan Rumah Sakit GL Tobing, Kabupaten Deli Serdang.

Di Rumah Sakit Martha Friska Multatuli ada empat pasien sembuh. Masing-masing berinisial NS jenis kelamin perempuan, R jenis kelamin laki-laki, NR jenis kelamin perempuan, dan D jenis kelamin laki-laki.

Sementara di Rumah Sakit GL Tobing ada 3 pasien yang sembuh. Dua diantaranya seorang dokter berinisial D dan F, sedangkan seorang lagi berinisial S berjenis kelamin laki-laki.‎ Untuk di RSUP Haji Adam Malik seorang laki-laki berusia 48 tahun.

"Awalnya mereka semua positif swab. Setelah menjalani perawatan dan tes swab kembali sebanyak dua kali, hasil swabnya negatif," ucapnya.

Meski telah dinyatakan sembuh dari virus Corona COVID-19, mereka tetap diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pantauan dari tim medis yang telah ditugaskan.

"SOP begitu. Setelah pulang lanjut isolasi di rumah. Mereka sudah tidak menularkan lagi," ungkapnya.

 <p><strong>**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan <a href="https://www.liputan6.com/donasi/177995/sembuhdaricorona" target="_blank" rel="nofollow">klik tautan ini</a>.</strong></p>

2 dari 3 halaman

Kasus Positif COVID-19

Ilustrasi gambar SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Corona COVID-19, diisolasi dari seorang pasien di AS. Diperoleh 27 Februari 2020 milik National Institutes of Health yang diambil dengan mikroskop elektron transmisi.(AFP/National Institutes Of Health)
Ilustrasi gambar SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Corona COVID-19, diisolasi dari seorang pasien di AS. Diperoleh 27 Februari 2020 milik National Institutes of Health yang diambil dengan mikroskop elektron transmisi.(AFP/National Institutes Of Health)

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut lainnya, Whiko Irwan menerangkan, untuk kasus positif virus Corona COVID-19 saat ini sebanyak 105. Rinciannya, 84 orang positif melalui metode PCR dan 21 melalui Rapid Test.

"Positif COVID-19 dengan metode PCR bertambah satu pada hari ini," ujarnya.

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait virus Corona COVID-19 di Sumut yang dirawat saat ini berjumlah 146 orang. Jumlah ini turun sebanyak 2 pasien dibandingkan hari sebelumnya yang berjumlah 148 orang.

"Angka meninggal dunia saat ini 10 orang," ucapnya.

Sembuhnya pasien positif virus Corona COVID-19 menjadi bukti bahwa penyakit ini masih dapat disembuhkan. Seorang pasien virus Corona COVID-19 dinyatakan sembuh jika sudah menjalani swab dua kali dan menunjukkan hasil negatif selama dua kali berturut-turut.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓