10.350 APD Disalurkan ke RS Rujukan Covid-19 di Sulut

Oleh Yoseph Ikanubun pada 21 Apr 2020, 04:00 WIB
Diperbarui 21 Apr 2020, 04:00 WIB
Ribuan APD yang dibawa dengan pesawat TNI AU tiba di Lanud Sam Ratulangi Manado.
Perbesar
Ribuan APD yang dibawa dengan pesawat TNI AU tiba di Lanud Sam Ratulangi Manado.

Liputan6.com, Manado - Salah satu aspek penting dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 adalah tersedianya Alat Pelindung Diri (APD) dan masker khususnya untuk untuk tenaga medis.

Hingga Minggu, 19 April 2020, tercatat sudah 10.350 APD yang disebarkan ke Rumah Sakit Rujukan dan Rumah Singgah Covid-19, serta Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota di Sulut.

"Ribuan APD itu digunakan untuk para tenaga medis di rumah sakit dan rumah singgah," ujar Jubir Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel.

Dandel mengatakan, APD itu juga dipakai untuk proses pemakaman jenazah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), maupun jenasah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sesuai dengan protokol Kemenkes RI.

"Kita sudah salurkan secara bertahap bantuan APD tersebut, karena menjadi kebutuhan penting bagi tenaga medis, ujarnya.

Pesawat TNI AU Kembali Angkut APD ke Manado

Pesawat milik TNI Angkatan Udara mendistribusikan bantuan APD sebanyak 60 koli sejumlah 3.000 set dari Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 pusat yang diserahkan kepada Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu, 18 April 2020.

Pesawat Boeing 737 dengan tail number A-7305 dari Skadron Udara 17 Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma, yang diawaki oleh pilot in command Mayor Pnb Rezha Wibowo tiba di Bandara Sam Ratulangi pukul 14:56 Wita.

Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Johnny Sumaryana bersama jajaran Forkopimda Sulut menyambut kedatangan APD untuk percepatan penanganan Virus Corona tersebut.

"Setelah kami terima secara resmi, langsung kami serahkan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sulut untuk disalurkan," ujar Sumaryana.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dr Debbie Kalalo menerima bantuan itu sekaligus menyampaikan terima kasih kepada TNI AU yang sudah memfasilitasi pengiriman APD tersebut.

"APD ini langsung kami serahkan ke rumah sakit, rumah singgah, dan puskesmas kabupaten maupun Kota di wilayah Sulawesi Utara," ujar Kalalo.

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait