Seorang PDP Corona COVID-19 Asal Karo Meninggal Dunia di Medan

Oleh Reza Efendi pada 19 Apr 2020, 19:30 WIB
Diperbarui 20 Apr 2020, 00:35 WIB
RS Martha Friska, Kota Medan, Sumatera Utara
Perbesar
Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait Corona COVID-19 asal Kabupaten Karo meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) ‎Martha Friska, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Liputan6.com, Medan - Kabar duka di tengah pandemi virus Corona COVID-19 kembali datang dari Kota Medan. Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait Corona COVID-19 asal Kabupaten Karo meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) ‎Martha Friska, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

PDP terkait virus Corona COVID-19 berinsial M tersebut meninggal dunia pada Sabtu, 18 April 2020. M dirujuk dari RS ‎Evarina Etaham, Berastagi, karena memiliki gejala terpapar virus Corona COVID-19 dan memiliki sakit jantung. M merupakan PDP pertama yang meninggal dari Kabupaten Karo.

"Iya (meninggal dunia) kemarin. Pasien rujukan baru itu," kata Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, Aris Yudhariansyah, Minggu (19/4/2020).

Diungkapkan Aris, pihaknya masih menunggu hasil labotorium swab pasien tersebut, apakah positif atau negatif virus Corona COVID-19. Aris mengimbau Dinas Kesehatan (Dinkes) Karo untuk melakukan tracing terhadap siapa saja pernah kontak dengan pasien.

"Karena (pasien) meninggal dari rujukan rumah sakitnya (Dinkes Karo)" ungkapnya.

Sementara itu, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut lainnya, Whiko Irwan menerangkan, ssaat ini angka kasus positif virus Corona COVID-19 terus mengalami peningkatan.

"Saat ini sebanyak 104 kasus positif COVID-19, bertambah satu orang dari hari sebelumnya, 103," ujarnya.

<p><strong>**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan <a href="https://www.liputan6.com/donasi/177995/sembuhdaricorona" target="_blank" rel="nofollow">klik tautan ini</a>.</strong></p>

2 dari 3 halaman

Kasus PDP Menurun

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, Whiko Irwan
Perbesar
Banyak laporan tentang kondisi masyarakat, khususnya di beberapa daerah seperti Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, dan lainnya, masih belum mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Dari jumlah kasus 104 tersebut, 81 dinyatakan positif virus Corona COVID-19 melalui metode Polymerase Chain Reaction(PCR) dan 23 hasil Rapid Test.

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) menurun dari hari sebelumnya, 146. Saat ini 139 orang.

"PDP ini bersifat dinamis, bisa meningkat dan menurun," terangnya.

Selanjutnya Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumut sebanyak 2.509 orang, meningkat dari hari sebelumnya, 2.259 orang. Pasien positif virus Corona COVID-19 yang meninggal dunia sebanyak 10 orang dan pasien positif COVID-19 sembuh 13 orang.

"Saat ini angka PDP di Sumut tertinggi di Kota Medan, Simalungun dan Deli Serdang. Kota Medan sebanyak 70 orang, Simalungun 18 orang, dan Deli Serdang 17 orang," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓