Sukses

Seorang PDP Corona COVID-19 Asal Karo Meninggal Dunia di Medan

Kabar duka di tengah pandemi virus Corona COVID-19 kembali datang dari Kota Medan.

Liputan6.com, Medan - Kabar duka di tengah pandemi virus Corona COVID-19 kembali datang dari Kota Medan. Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait Corona COVID-19 asal Kabupaten Karo meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) ‎Martha Friska, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

PDP terkait virus Corona COVID-19 berinsial M tersebut meninggal dunia pada Sabtu, 18 April 2020. M dirujuk dari RS ‎Evarina Etaham, Berastagi, karena memiliki gejala terpapar virus Corona COVID-19 dan memiliki sakit jantung. M merupakan PDP pertama yang meninggal dari Kabupaten Karo.

"Iya (meninggal dunia) kemarin. Pasien rujukan baru itu," kata Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, Aris Yudhariansyah, Minggu (19/4/2020).

Diungkapkan Aris, pihaknya masih menunggu hasil labotorium swab pasien tersebut, apakah positif atau negatif virus Corona COVID-19. Aris mengimbau Dinas Kesehatan (Dinkes) Karo untuk melakukan tracing terhadap siapa saja pernah kontak dengan pasien.

"Karena (pasien) meninggal dari rujukan rumah sakitnya (Dinkes Karo)" ungkapnya.

Sementara itu, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut lainnya, Whiko Irwan menerangkan, ssaat ini angka kasus positif virus Corona COVID-19 terus mengalami peningkatan.

"Saat ini sebanyak 104 kasus positif COVID-19, bertambah satu orang dari hari sebelumnya, 103," ujarnya.

<p><strong>**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan <a href="https://www.liputan6.com/donasi/177995/sembuhdaricorona" target="_blank" rel="nofollow">klik tautan ini</a>.</strong></p>

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus PDP Menurun

Dari jumlah kasus 104 tersebut, 81 dinyatakan positif virus Corona COVID-19 melalui metode Polymerase Chain Reaction(PCR) dan 23 hasil Rapid Test.

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) menurun dari hari sebelumnya, 146. Saat ini 139 orang.

"PDP ini bersifat dinamis, bisa meningkat dan menurun," terangnya.

Selanjutnya Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumut sebanyak 2.509 orang, meningkat dari hari sebelumnya, 2.259 orang. Pasien positif virus Corona COVID-19 yang meninggal dunia sebanyak 10 orang dan pasien positif COVID-19 sembuh 13 orang.

"Saat ini angka PDP di Sumut tertinggi di Kota Medan, Simalungun dan Deli Serdang. Kota Medan sebanyak 70 orang, Simalungun 18 orang, dan Deli Serdang 17 orang," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.